Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj. Rachmah Norlias menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang bertajuk Pancasila dan Semangat Persatuan bertempat di Aula Ulfah Hidayati Kampus Utama Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin, Barito Kuala pada Selasa (07/06/2022). (Foto/humasdprdkalsel)

Pancasila sebagai Negeri yang Penuh Kedamaian

Barito Kuala, mediaprospek.com – Pancasila dalam konsep Muhammadiyah adalah Darul Ahdi Wa Syahadah. Pancasila sebagai Darul Ahdi berarti negeri yang bersepakat pada kemasalahatan. Artinya Darul Ahdi juga dapat dimaknai sebagai Darussalam yang berarti negeri yang penuh dengan kedamaian.

“Sedangkan Pancasila sebagai Wa Syahadah berarti negeri kesaksian dan pembuktian bahwa umat harus berperan aktif dalam pemahaman, penghayatan dan perilaku hidup sehari-hari. Dalam arti luas, Pancasila sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah bermakna bahwa setiap kelompok harus berlomba-lomba meraih kemajuan dan keunggulan berdasarkan etika sportifitas,” kata Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin, Alfian Mauricefle, S.Sos., M.AP,  saat Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj. Rachmah Norlias menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang bertajuk Pancasila dan Semangat Persatuan bertempat di Aula Ulfah Hidayati Kampus Utama Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin, Barito Kuala pada Selasa (07/06/2022).

“Saya ingat dulu ikut pendidikan moral Pancasila, disuruh menghafalkan butir-butir Pancasila, dulu metodenya seperti itu untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila,” terangnya di hadapan puluhan mahasiswa UM Banjarmasin yang hadir antusias mengikuti sosialisasi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan ini.

Pada sesi kedua pemaparan materi oleh Dr. Nurul Listiyani. Trainer Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsan ini mengajak mahasiswa untuk memahami kembali dan mengaplikasikan makna-makna yang terkandung dalam 4 (Empat) Nilai Kebangsaan, yakni Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, Hj. Rachmah Norlias menjelaskan, sosialisasi ini merupakan program kerja rutin DPRD Provinsi Kalsel yang manfaatnya sangat penting karena pemahaman ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan merupakan komponen yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia yang tujuan akhirnya adalah untuk membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan di tengah tantangan keberagaman bangsa saat ini. (Mzr).

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …