Foto: Pengamanan di sekitar Gedung MK (Belia/detikcom)

Mahkamah Konstitusi Putuskan PHPU Pilpres 2024 Hari Ini, Pengamanan Pun Ditingkatkan

Mediaprospek.com – Hari ini, Senin (22/4/2024), dijadwalkan Mahkamah Konstitusi (MK) bakal membacakan putusan sengketa perkara hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mulai pukul 09.00 WIB dengan peningkatan pengamanan pihak berwenang.

Saat ini terdapat 8 hakim konstitusi yang menangani perkara sengketa hasil Pilpres 2024. Para Hakim Konstitusi mulai menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) sejak 6 April sampai 21 April 2024 sebelum membacakan putusan.

Putusan itu akan menentukan apakah gugatan yang diajukan pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD terhadap hasil Pilpres 2024 akan dikabulkan atau tidak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres 2024 yakni pasangan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul. Prabowo-Gibran meraih 96,214,691 suara atau 58,6 persen dari 164,227,475 suara sah.

Di tempat kedua diisi Anies-Muhaimin yang memperoleh 40,971,906 atau 24,9 persen, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 27,040,878 atau 16,5 persen.

Kedua kubu pesaing Prabowo-Gibran kemudian mengajukan permohonan pemungutan suara ulang dan diskualifikasi pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Program Manager Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil, potensi MK mengabulkan atau menolak gugatan dalam sengketa hasil Pilpres 2024 mempunyai peluang sama besar.

Sebab menurut dia, landasan dari masing-masing keputusan itu bergantung kepada pembuktian dalil-dalil gugatan.

“Kalau mengabulkan, nanti akan dilihat seberapa jauh dan seperti formula amar putusan yang dikabulkan,” kata Fadli saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/4/2024).

“Kalau ditolak, upaya untuk mengkoreksi hasil pemilu tinggal satu-satunya di MK, ya artinya kekacauan Pemilu 2024 tak lagi bisa dikoreksi,” ucap Fadli.

Pantauan detikcom di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, pada Senin (22/4/2024) pukul 07.05 WIB, pengamanan itu sudah terlihat sejak pagi. Terlihat barikade dan kawat berduri sudah terpasang mengelilingi gedung MK.

Di Jalan Raya Merdeka Barat arah Harmoni atau jalan di depan gedung MK, juga terpantau sudah persiapan di tutup oleh pihak kepolisian. Selain itu petugas keamanan dari polri juga terlihat berjaga di depan gedung.

Kendaraan taktis (rantis) yang terdiri dari mobil water cannon pun disiagakan di lokasi. Terlihat anjing pelacak polisi (K9) di setiap titik pintu masuk.

Pengamanan juga diperketat saat akan memasuki kawasan gedung MK. Alat pemeriksa barang bawaan pun dinyalakan kembali, padahal sebelumnya alat tersebut tidak diaktifkan.

Diketahui Polri menyiagakan sebanyak 7.783 personel dalam rangka pengamanan kegiatan masyarakat yang akan menyampaikan pendapat di sekitar lokasi MK.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, dari 7783 Personel yang disiagakan akan dibagi di beberapa sektor. Di antaranya sektor MK, sektor Bawaslu RI, dan Sektor Monas.

Ade Ary mengungkapkan bahwa rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. Jika eskalasi meningkat dan diperlukan, selanjutnya akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan gedung MK untuk mencari jalan alternatif lainnya karena akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung MK,” kata Ade Ary dalam keterangannya, Minggu (21/4).

(mzr/dtc/kcm)

Loading

Check Also

Ahli Pangan Rekomendasikan 4 Makanan Ini untuk Cegah Peradangan, Bisa Dicoba Nih..

Jakarta, Mediaprospek.com – Diketahu istilah iInflamasi atau peradangan adalah mekanisme ketika tubuh melindungi diri dari …