Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H. Lutfi Saipuddin bersama rombongan saat melakukan kunjungan kerja ke Bappenas RI dalam rangka persiapan penyelenggaraan Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara  (IKN), di ruang rapat SS 1-2 Kantor Bappenas, jalan Taman Suropati No.2 Menteng Jakarta Pusat, Jum’at,  (10/06/22). (Foto/humasdprdkalsel)

Komisi IV  : Tahun 2023 Kalsel segera Mendapatkan Dana DAK pada Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Jakarta,  mediaprospek.com – Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H. Lutfi Saipuddin mengatakan tiga kabupaten di Kalsel pada tahun 2023 nanti segera akan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada pendidikan dan Kesehatan.

Menurutnya, ketiga wilayah tersebut sudah bisa mempengaruhi indikator angka harapan sekolah pada IPM Kalsel. Sehingga Bappenas RI sudah bisa menentukan kabupaten mana yang akan mendapatkan Unit Bangunan Sekolah baru pada tahun 2023 yang akan datang.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan jawaban yang positif. Terutama harapan kita untuk adanya penambahan pembangunan sarana dan prasarana unit sekolah baru. Insya Allah untuk tahun 2023 yang akan datang kita akan berhasil mendapatkan dana DAK. Khususnya di tiga wilayah Kabupaten kota yakni kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin dan kabupaten Banjar,” kata Lutfi usai Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Bappenas RI   dalam rangka persiapan penyelenggaraan Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara  (IKN), di ruang rapat SS 1-2 Kantor Bappenas, jalan Taman Suropati No.2 Menteng Jakarta Pusat, Jum’at,  (10/06/22).

“Kami akan segera berkoordinasi kepada teman-teman di tiga wilayah kabupaten/kota tersebut, sehingga nantinya bisa terwujud pemenuhan pemerataan pendidikan di Kalsel agar lebih baik,”ujarnya lagi.

Pada bidang kesehatan, Lutfi menjelaskan, khususnya keberadaan Rumah Sakit Umum (RSUD) Ulin yang saat ini sudah paripurna. Seperti dalam pelayanan jantung akan ditingkatkan pelayanan, di antaranya dengan penambahan beberapa peralatan-peralatan yang diperlukan dan dipastikan akan mendapatkan dukungan di tahun 2023, sehingga hanya beberapa yang mungkin masih memerlukan anggaran dari APBD.

“Kita berharap dengan adanya DAK dari pusat  dan APBD Kalsel di tahun 2023 sesegeranya  sudah memiliki fasilitas jantung yang paripurna dan komplit  bisa terwujud,” pungkasnya.

Sebelumnya, kedatangan Komisi IV DPRD Kalsel disambut oleh Kepala Bappenas RI  yang diwakili oleh  Direktur Bidang  Agama, Pendidikan dan Kebudayaan  Amich Al Humami  didampingi Direktur Regional 2 M. Roudo, ST, MBP, Ph.d beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Amich Al Himami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kedatangan Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan di Bappenas RI.

“Pertemuan resmi  ini, disamping untuk kita saling mempererat hubungan silaturrahmi yang baik, juga untuk mendapatkan gagasan pemikiran konstruktif sebagai bentuk koordinasi dan menjalin  kerjasama antara pemerintahan pusat dan daerah ,” ujarnya.  (Mzr/Sar).

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …