Pemain Athletic Bilbao, Oihan Sancet saat selebrasi pada cetak gol pertama di laga final Copa del Rey 2023/2024. (REUTERS/Marcelo del Pozo)

Kali Ini, Athletic Bilbao Juara Copa del Rey 2023/2024 Usai Tekuk Real Mallorca

Sevilla, Mediaprospek.com – Menang di adu penalti bawa Athletic Bilbao juara Copa del Rey 2023/2024, di Estadio de la Cartuja, Minggu (7/4/2024) dini hari WIB.

Laga final ini berlangsung seru namun hingga 120 menit berjalan tak satu pun gol tercipta. Padahal lewat kecepatan Williams bersaudara, Inaki dan Nico, Bilbao berupaya menciptakan peluang demi peluang.

Tapi, belum ada satu pun yang mengarah ke sasaran selama 20 menit awal.

Dominik Greif di bawah mistar Mallorca harus bekerja keras menghalau serangan-serangan Bilbao. Satu kans didapat Ruiz de Galarreta pada menit ke-16 tapi bisa ditepis.

Mallorca membalas pada menit ke-19 lewat Vedad Muriqi yang melepaskan sepakan keras dan bisa diadang Julen Agirrezabala.

Mallorca secara mengejutkan unggul duluan pada menit ke-21 lewat Dani Rodriguez. Diawali kemelut di kotak penalti, Dani mendapat bola terakhir sebelum menyepak kencang bola ke gawang.

Nico sempat menyamakan skor pada menit ke-39 lewat umpan 1-2 di tepi kotak penalti, sebelum menembak ke tiang jauh. Sayangnya, gol itu dianulir VAR karena Nico terjebak offside.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Masuk di babak kedua, Bilbao masih mendominasi permainan untuk segera menyamakan skor dan langsung didapat pada menit ke-50.

Umpan terobosan Nico menemui Oihen Sancet yang masuk dari lini kedua dan langsung menembak kencang ke tiang jauh gawang Greif.

Gol yang makin membuat Bilbao lebih nafsu menyerang demi mendapat gol secepatnya. Yuri Berchiche mendapat kans bikin gol pada menit ke-75 dari serangan balik, namun bola sepakannya ditepis Greif.

Satu kans emas dilewatkan Bilbao di pengujung waktu normal saat Vivian melewati dua adangan bek Mallorca sebelum menendang bola yang dapat diadang Greif.

Rebound coba dihajar oleh Nico yang menyundul bola tapi malah melebar. Setelah skor 1-1 bertahan selama 120 menit, laga dilanjutkan ke adu penalti.

Di babak tos-tosna ini, empat penendang Bilbao sukses menunaikan tugasnya termasuk penentuan oleh Alex Berenguer sebelum menang 4-2. Dua dari empat eksekutor Mallorca gagal.

Bilbao pun keluar sebagai juara Copa del Rey 2023/2024 yang merupakan trofi bergengsi pertama dalam 40 tahun. Ini merupakan gelar ke-23 Bilbao di ajang Copa del Rey, cuma kalah dari 31 gelar Barcelona.

Mallorca harus menunda buka puasa gelar Copa del Rey setelah yang pertama di 2003.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Play Store Google Tangkal 2,3 Juta Aplikasi Berbahaya

Mediaprospek.com – Pengguna perangkat berbasis sistem operasi Android yang memakai Play Store Google terselamatkan dari …