Pemain timnas Indonesia, Dedik Setiawan, berduel bersama bek Thailand.(PSSI)

Di Leg 2 Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Bakal Curi Kematangan Berlaga

BANJARMASIN, MEDIAPROSPEK.COM – Seperti diketahui, Timnas Indonesia dipaksa harus menelan kenyataan pahit setelah kalah telak 0-4 dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020, di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021).

Kekalahan timnas Indonesia dari Thailand ini pada dasarnya tidak begitu mengejutkan bagi para pecinta sepak bola Tanah Air.

Hal ini juga telah disadari para pecinta sepak bola sejak jauh-jauh hari setelah timnas Indonesia dipastikan lolos ke final dan harus menghadapi Thailand.

Thailand bukan lawan yang mudah bagi tim asuhan Shin Tae-yong sebab sejak awal babak penyisihan mereka tampil luar biasa.

Pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly mengatakan bahwa kekalahan yang diterima skuad Garuda itu pada dasarnya sudah ada dalam perkiraan.

Hanya saja kekalahan telah 0-4 baginya tidak masuk akal karena selama ini timnas Indonesia tampil luar biasa.

Sejak babak penyisihan timnas Indonesia sukses menang atas Kamboja (4-2), Laos (5-1), Malaysia (4-1), serta meraih hasil imbang 0-0 saat melawan Vietnam. Skuad Garuda akhirnya sukses meraih kemenangan 4-2 saat melawan Singapura.

“Kalau dalam kontek sepak bola, timnas kita kalah sudah dalam perkiraan ya. Tapi kalau 0-4 dengan permainan yang seperti itu diluar perkiraan,” ujar Tommy Welly, Kamis (30/12/2021).

Pengamat sepak bola, Tommy Welly atau yang biasa disapa dengan Bung Towel ini mengatakan, Witan Sulaeman dan kawan-kawan sebenarnya tidak tampil buruk karena dalam laga tersebut sejumlah peluang emas sempat tercipta.

Tetapi peluang-peluang bagus dari Alfeandra Dewangga dan Irfan Jaya tak ada yang berhasil dikonversikan menjadi sebluah gol.

Namun, menurut Tommy Welly masalah utama timnas Indonesia adalah soal kematangan dan mentalitas para pemain.

Towel mengatakan bahwa bermain di panggung besar seperti final untuk pemain muda seperti Alfeandra Dewangga dkk bukan perkara mudah.

Bung Towel juga menjelaskan bahwa sejak awal skuad Garuda ini memang potensiail, tetapi mereka masih dalam proses menuju kematangan.

Dengan itu, dari pada berbicara soal peluang timnas Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2020 nanti.

Bung Towel lebih berharap para pemain timnas Indonesia bisa tampil menikmati pertandingan pada laga yang akan belangsung pada 1 Januari 2022.

Menurutnya butuh perjuangan yang sangat sulit untuk timnas Indonesia bisa mengembalikkan keadaan atas Thailand di pertemuan kedua.

Untuk itu, Asnawi Mangkualam disarankan bisa tampil menikmati pertandingan dan kembali kepada sentuhan saat mereka tampil pada babak penyisihan maupun semifinal.

“Ya berat, tidak ada sejarahnya ketinggalan 0-4 ada tim yang bisa membalikkan posisi. Kan tidak ada sejarahnya, baik dalam sejarah AFF maupun dalam sejarah sepak bola luar,” ucap Bung Towel.

Lebih lanjut, berbicara soal hasil di leg kedua final Piala AFF 2020 nanti, menurutnya tak akan merubah apapun.

Para pemain timnas Indonesia masih akan tetap diapresiasi oleh para pecinta sepak bola karena telah tampil hebat hingga akhir turnamen.

“Kalau soal hasil menang kalah skornya sudah abaikan saja tidak usah dipikirkan. Lupakan penampilan kemarin secepatnya karena tidak juara pun apresiasi buat tim ini tetap.”

“Karena tim ini menunjukkan mereka potensial dengan mayoritas usia mereka yang masih muda dan punya ruang untuk berkembang.” (ht/bsc)

Loading

Check Also

Malam Esok, Kontra West Ham, Guardiola Pakai Strategi Ini agar Manchester City Juara Lagi

Mediaprospek.com – Jelang laga penentuan juara, pelatih Manchester City, Josep Guardiola mengatakan bahwa, West Ham …