Timnas Belanda. Foto Goal.com

Dini Hari Esok, Belanda atau Inggris yang ke Final Piala Eropa 2024 Melawan Spanyol?

Munich, Mediaprospek.com – Banyak yang memprediksi dan mengunggulkan Timnas Inggris bakal ke final melawan Spanyol di Piala Eropa 2024, namun tentu saja lawannya Belanda dini hari esok tak tinggal diam.

Timnas Belanda sebisa mungkin menghindari adu penalti saat bersua Inggris di semifinal Euro 2024, pasalnya Oranje punya catatan buruk soal itu yang akan tampil melawan Inggris di Signal Iduna Park, Kamis (11/7) dini hari, pukul 02.00 WIB.

Diketahui sebelumnya bawa, Belanda lolos ke semifinal usai menyingkirkan Turki 2-1 lewat kemenangan comeback di babak kedua sedangkan Inggris melaju setelah menang adu penalti 5-3 kontra Swiss.

Dari lima pertandingan yang sudah dijalani, Belanda ketinggalan gol lebih dulu di tiga laga. Dua berhasil dimenangkan Cody Gakpo cs, sisanya berujung kekalahan 2-3 dari Austria.

Belanda kini tak mau lagi ketinggalan gol lebih dulu dan menyulitkan diri sendiri saat menghadapi Inggris. Negeri Kincir Angin juga diharapkan tak bertemu adu penalti untuk penentuan pemenang.

Pada 1992 Belanda selaku juara bertahan Euro gagal ke final usai disingkirkan Denmark di empat besar. Belanda kalah adu penalti 4-5 gara-gara bola eksekusi Marco van Basten bisa ditepis Peter Schmeichel.

Situasi yang sama terulang 8 tahun berselang, tepatnya di Euro 2000. Belanda selaku tuan rumah terhenti di semifinal setelah didepak Italia dalam drama adu penalti.

Belanda harus mengakui keunggulan Italia 3-1 di babak tos-tosan usai bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Kiper Italia, Francesco Toldo, jadi mimpi buruk De Oranje dengan menepis dua eksekutor mereka.

Semifinal lainnya mempertemukan Belanda dengan Inggris. Laga De Oranje dengan The Three Lions itu akan berlangsung

Media Spanyol, Marca, yang melansir daftar laga-laga favorit menjadi final Euro 2024. Hasilnya, Spanyol vs Inggris yang paling diunggulkan dengan koefisien 3,20 di Interwetten.

Ada di posisi kedua Prancis vs Inggris. Koefisien untuk laga itu ada di angka 3,60. Masih dengan koefisien yang sama ada Spanyol vs Belanda.

Spanyol memang terbukti sempurna dan masuk ke final usai mengalahkan Prancis yang sebelumnya La Furia Roja selalu menang dalam lima pertandingan, membukukan 11 gol, dan baru kebobolan dua kali.

Sementara itu, Inggris masih tampil naik turun. Dalam lima pertandingan yang dijalani, Tiga Singa membukukan dua kemenangan, dan tiga hasil imbang. Satu hasil imbang di perempatfinal berujung kemenangan adu penalti dengan Swiss.

(mzr/dtc)

 

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …