Jepang keluar sebagai juara Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Uzbekistan di final. (REUTERS/IBRAHEEM AL OMARI)

Sesuai Prediksi, Jepang Juara Lagi Piala Asia U23 Usai Tekuk Uzbekistan 1-0

Doha, Mediaprospek.com – Akhirnya Jepang paling unggul di Piala Asia U23 2024 usai mengalahkan Uzbekistan 1-0 lewat drama di injury time, di Jassim bin Hamad Stadium, Jumat (3/5/2024) malam WIB.

Meskipun Uzbekistan sangat mendominasi di paruh pertama. Tim besutan Timur Kapadze mampu bikin sembilan percobaan dengan tiga yang ke gawang dan Jepang cuma satu percobaan tanpa mengarah ke target.

Pada babak pertama tanpa ada gol dari kedua tim, namun Uzbekistan masih dominan di babak kedua.

Berbagai serangan dilakukan, namun Jepang setidaknya bermain lebih baik kali ini.

Drama terjadi di injury time. Jepang mampu memimpin 1-0 lewat pemain pengganti Fuki Yamada, yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Tembakan kaki kiri pemain pengganti, Fuki Yamada setelah bekerja sama dengan Ryotaro Araki bersarang ke pojok kanan gawang lawan tanpa mampu diantisipasi oleh kiper Abduvohid Nematov.

Uzbekistan tidak menyerah. Tekanan yang terus dilakukan berujung hadiah penalti untuk Uzbekistan pada menit ke-90+7′.

Penalti diberikan oleh wasit Mooud Bonyadifard setelah bek kanan Jepang, Hiroki Sekine dianggap melakukan handball saat melakukan duel udara setelah melalui pengamatan Video Assistant Referee (VAR).

Umarali Rahmonaliyev maju sebagai eksekutor. Tetapi tembakannya ke kanan gawang mampu dibaca dengan sempurna oleh Kokubo.

Upaya Uzbekistan untuk bisa mencetak gol penyama kedudukan tidak kunjung membuahkan hasil. Jepang bisa mempertahankan keunggulan untuk meraih gelar juara Piala Asia U-23 2024.

Ini kali kedua Jepang menjadi juara di Piala Asia U-23. Keberhasilan pertama Jepang pada 2016 dan itu juga terjadi di Qatar.

(mzr/cnn/dtc)

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …