Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, mengepalkan tangan setelah merebut pole position pada kualifikasi MotoGP Americas di Circuit of The Americas, Austin, AS, 13 April 2024. (MOTOGP.COM)

Sempat Tertinggal, Maverick Vinales Sukses Raih Juara MotoGP Amerika

Mediaprospek.com – Meski sempat tertinggal di posisi 11, pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, dengan luar biasa akhirnya meraih kemenangan pada MotoGP Amerika dengan catatan waktu 41 menit 09.503 detik, di Circuit of The Americas, Austin, AS, Minggu (14/4/2024).

Dia sempat kehilangan posisi pertama, sang pole sitter melebar di tikungan pertama karena terseret insiden antara Jorge Martin (Prima Pramac) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Vinales turun ke posisi ke-11 dan sementara Martin merangsek ke posisi kedua berkat manuver galaknya untuk memepet Acosta yang memimpin lomba.

Persaingan langsung memanas saat balapan baru memasuki lap ketiga antara tiga pembalap yakni Acosta, Martin, dan Bagnaia.

Di belakang mereka, Marc Marquez (Gresini Racing) mulai mengincar posisi tiga besar dengan membuntuti Bagnaia dari posisi keempat.

Marquez sempat mengalami kendala karena benturan dengan Jack Miller (Red Bull KTM). Salah satu komponen aeronya terlepas karenanya.

Acosta melakukan kesalahan setelah disalip Martin, tak sampai satu putaran, pembalap berusia 19 tahun itu sudah turun ke posisi keempat.

Marquez sangat berambisi mengkudeta Martin dari posisi terdepan dengan melakukan manuver gila di Tikungan 20 pada lap kelima.

Kegilaan berlanjut pada tiga pembalap di depan yakni Martin, Acosta, dan Marquez yang silih berganti salip menyalip.

Dengan motor yang tidak utuh, Marquez menunjukkan reputasi sebagai Raja COTA dengan mengudeta posisi pertama saat balapan tersisa 12 lap lagi

Kemenangan MotoGP Americas yang kedelapan sudah tercium Marquez. Namun, tak lama memimpin di depan, dia tergelincir saat hendak memasuki Tikungan 11 dua lap berselang.

Vinales yang sempat terpisah dari rombongan depan secara tiba-tiba berhasil menyodok ke posisi tiga besar dengan menyalip Bagnaia dan Martin untuk berada di posisi kedua di belakang Acosta.

Seperti tak ada kesulitan bagi Vinales, dia berhasil menyalip Acosta dan mulai menjaga jarak dengan gap 0,6 detik saat balapan tersia enam putaran lagi.

Sisa dua lap, kemenangan tampaknya hampir pasti milik Vinales. Benar saja, tidak ada yang dapat mengikuti pace-nya hingga balapan berakhir.

Vinales pun mencetak akhir pekan yang sempurna pada MotoGP Americas dengan pole position serta kemenangan pada sprint dan balapan utama.

Vinales juga menjadi pembalap pertama yang mampu memenangi balapan bersama tiga pabrikan berbeda bersama Suzuki, Yamaha, dan Aprilia.

Sementara itu, Pedro dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo) melengkapi podium dengan secara berurutan finis kedua dan ketiga.

HASIL MOTOGP AMERICAS 2024 :

Pos Pembalap Tim Waktu
1 Maverick Vinales Aprilia Racing 41:09.503
2 Pedro Acosta Red Bull GasGas Tech3 +1.728
3 Enea Bastianini Ducati Lenovo +2.703
4 Jorge Martin Prima Pramac Racing +4.690
5 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo +7.392
6 Fabio Di Giannantonio Pertamina Enduro VR46 +9.980
7 Aleix Espargaro Aprilia Racing +12.208
8 Marco Bezzecchi Pertamina Enduro VR46 +13.343
9 Brad Binder Red Bull KTM +14.931
10 Raul Fernandez Trackhouse Racing +16.656
11 Miguel Oliveira Trackhouse Racing +18.542
12 Fabio Quartararo Monster Energy Yamaha +22.899
13 Jack Miller Red Bull KTM +24.011
14 Augusto Fernandez Trackhouse Racing +27.652
15 Alex Marquez Gresini Racing +32.855
16 Luca Marini Repsol Honda +33.529

Gagal Finis :
Marc Marquez Gresini Racing
Joan Mir Repsol Honda
Alex Rins Monster Energy Yamaha
Franco Morbidelli Prima Pramac Racing
Takaaki Nakagami LCR Honda
Johann Zarco LCR Honda

(mzr/bsc)

Loading

Check Also

Juara 3 Piala Asia dan ke Final Olimpiade Paris Diraih Indonesia Bila Kalahkan Irak Malam Ini

Jakarta, Mediaprospek.com – Pertandingan Indonesia dengan Irak bersaing meraih tempat ketiga di Piala Asia U-23 …