Foto: Getty Images/iStockphoto

Lima Jenis Makanan Ini Sebaiknya Hanya Disimpan dalam Suhu Ruangan, Tidak di Kulkas

Mediaprospek.com – Mengingatkan kembali bahwa, beberapa jenis makanan ternyata tak baik disimpan dalam kulkas sebaliknya dianjurkan hanya dalam suhu ruangan.

Sebagaimana diketahui, selain jadi alat pendingin, kulkas juga digunakan untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama. Namun, tak semua jenis makanan cocok disimpan dalam kulkas.

Pada beberapa jenis makanan justru kesegarannya turun saat disimpan dalam kulkas. Bahkan, sampai mengubah tekstur dan rasa dari makanan tersebut.

Berikut 5 makanan yang sebaiknya tak disimpan dalam kulkas:

1. Bawang

Beragam jenis bawang selalu digunakan untuk memasak, karena dapat menambahkan rasa pada makanan. Sebut saja penggunaan bawang merah atau bawang putih.

Cara penyimpanan bawang agar lebih tahan lama perlu diperhatikan. Jangan pernah menaruh bawang dalam kulkas, karena akan lebih cepat membusuk.

Bawang tersebut akan cepat menjadi lapuk dan lembek. Sebaiknya simpan bawang pada suhu kamar dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

2. Mentimun

Mentimun mudah sekali ditemukan di Indonesia dan harganya murah. Biasanya buah dengan kandungan air yang tinggi ini dinikmati sebagai lalapan atau acar.

Namun, ternyata mentimun juga tak cocok disimpan dalam kulkas, karena akan mengubah teksturnya. Kulit mentimun jadi mengerut dan bagian dalam menjadi lembut.

3. Tomat

makanan yang tak bisa disaimpan dalam kulkas
Foto: Getty Images/iStockphoto

Tomat bisa dinikmati begitu saja atau dijadikan campuran yang jus yang segar. Banyak ibu rumah tangga yang menyimpan tomat di dalam kulkas, karena mengira bisa tahan cukup lama.

Ternyata, tomat yang disimpan dalam suhu rendah justru bisa mengubah tekstur dan rasa. Kamu hanya perlu menyimpannya pada suhu kamar.

Tomat yang terlalu lama disimpan dalam kulkas juga bisa membuatnya lunak. Bahkan, kerap membusuk dengan cepat.

4. Madu

Madu merupakan zat pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah berasal dari nektar bunga. Madu memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak nutrisi baik seperti natrium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12.

Madu yang disimpan di dalam kulkas akan mengkristal dan berubah tekstur menjadi kasar dan juga padat. Sehingga tidak dapat digunakan kembali dan citarasa nya pun berubah. Jadi, sebaiknya menyimpan madu disuhu kamar agar teksturnya tidak rusak.

5. Roti

Roti kerap dinikmati sebagai menu sarapan. Banyak orang menyetok roti di rumah, karena termasuk jenis makanan yang praktis.

Namun, waktu penyimpanan roti sangatlah singkat. Jika sudah muncul jamur, maka kualitas roti sudah rusak. Oleh karenanya, banyak orang menyimpan roti dalam kulkas agar waktu penyimpanannya bisa bertahan lama.

Cara menyimpan roti seperti itu ternyata kurang tepat. Karena justru akan membuat tekstur roti menjadi kering dan tak enak lagi dimakan. Untuk penyimpanan lebih tepat roti dibekukan dalam freezer.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …