Pisang. (Foto: iStock)

Konsumsi Pisang Bersamaan dengan 4 Jenis Produk Ini Bisa Ganggu Pencernaan

Mediaprospek.com – Tak dipungkiri, Pisang merupakan salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia, karena buah berwarna kuning ini cenderung memilki rasa manis, tersedia sepanjang tahun, dan dapat diolah menjadi aneka makanan dan minuman.

Sedangkan kandungan gizinya sudah tak diragukan lagi yang kaya akan nutrisi, seperti serat, protein, kalium, vitamin, serta mineral yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Karenanya, pisang sangat cocok dikonsumsi sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Namun demikian, pisang tidak bisa dimakan sembarangan, pasalnya ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama buah yang satu ini karena bisa memicu reaksi dan menyebabkan masalah kesehatan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut produk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berbarengan dengan pisang.

1. Daging merah

Ternyata, mengonsumsi pisang setelah makan daging tidak disarankan. Dikutip dari NDTV Food, daging merah seperti daging sapi, domba, dan kambing memiliki kandungan protein hewani tinggi yang dapat memperlambat proses pencernaan.

Di sisi lain, pisang merupakan makanan yang mudah dicerna. Menurut para ahli kesehatan, jika kedua makanan tersebut dikonsumsi bersamaan maka dapat menyebabkan fermentasi dan gas dalam saluran pencernaan.

2. Produk susu

Pisang dan susu merupakan salah satu kombinasi yang kerap kita jumpai. Namun, keduanya ternyata tidak baik dikonsumsi secara bersamaan loh.

Kandungan nutrisi seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang ada pada pisang membuat buah tersebut bergizi dan mengenyangkan.

Tapi jika dikombinasikan dengan lemak susu dan nutrisi lainnya, hal ini akan meningkatkan dosis nutrisi dan membuat pencernaan terganggu.

Selain itu, kombinasi pisang dan susu dapat menghasilkan senyawa yang dapat memperlambat pencernaan dan mengganggu flora di usus.

3. Buah citrus

Pisang dan buah citrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit, memiliki sifat yang saling bertentangan. Pisang memiliki sifat yang basa, sedangkan buah sitrus bersifat asam.

Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi pisang dengan makanan yang bersifat asam dapat memicu beragam masalah kesehatan, seperti mual, sakit kepala, dan lain-lain.

Ayurveda, yakni ilmu kesehatan kuno India, juga menyebutkan konsumsi makanan yang sifatnya kontras dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan mengganggu kesehatan tubuh.

4. Roti dan kue

Roti dan pisang mungkin merupakan salah satu kombinasi makanan yang kerap disantap saat sarapan. Namun, kebiasaan ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Roti dan kue yang dipanggang mengandung karbohidrat olahan, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Di sisi lain, pisang termasuk makanan yang dapat melancarkan pencernaan.

Ketika kedua makanan yang sifatnya bertentangan ini dipadukan, maka dapat meningkatkan risiko ketidakseimbangan pada sistem pencernaan, dan memicu berbagai bahaya kesehatan.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …