Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024. (Dok. PSSI)

Esok, Indonesia Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23, Fokus Skill Masing-Masing

Mediaprospek.com – Dini hari esok, Korea Selatan akan menjadi lawan timnas U23 Indonesia di perempat final Piala Asia U23 2024, Jumat (26/4/2024), dini hari esok pukul 00.30 WIB, di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Doha, Qatar.

Laga ini terjadi karena Korea Selatan adalah juara Grup B, sementara Indonesia merupakan runner-up Grup A.

Memang raksasa sepak bola Asia, Korea Selatan lebih berpengalaman dan diunggulkan daripada Indonesia yang merupakan tim debutan.

Marc Klok, gelandang senior timnas Indonesia, berpesan agar juniornya tak gentar dengan pernyataan, selama bermain 11 lawan 11 kemungkinan untuk menang tetap sama.

“Sebagai pemain sepak bola, saya tidak pernah melihat lawan. Kalau bermain 11 vs 11, kami fokus untuk skill kami sendiri-sendiri dan kami hanya fokus untuk memperhatikan strategi,” kata Klok.

Klok memprediksi Shin Tae-yong, sang pelatih, akan memperagakan strategi berbeda melawan negaranya daripada saat mengalahkan Yordania kemarin.

Skema transisi serangan balik bukan tidak mungkin akan dilakukan Ivar Jenner dkk, meski diketahui sebelumnya, STY Sebenarnya Ingin Indonesia Vs Korsel di Final Piala Asia U23.

“Mungkin gaya bermain nanti akan berubah karena posisi kita sedikit berbeda (dengan lawan) kali ini,” ucap Klok.

“Namun, tidak penting melawan Jepang atau Australia atau Yordania, itu sama, fokus untuk gaya bermain tim sendiri,” katanya.

Gelandang milik Persib ini berharap Mareselino Ferdinan dkk tampil berani dan fokus meski lawan yang dihadapinya merupakan raksasa sepak bola Asia.

Jepang pun mampu dikalahkan Korsel dengan skor 1-0. Menurut dia, Indonesia punya peluang untuk melaju ke fase semifinal, bahkan final dengan modal kepercayaan diri memulangkan Australia dan Yordania.

“Hanya sedikit adaptasi terhadap ruang yang dimiliki lawan dan kami memiliki peluang, seperti pertandingan lainnya,” tutur Klok.

“Saya rasa mereka bisa terus melanjutkan pencapaian untuk lolos ke semifinal dan final, atau bahkan untuk menjuarainya,” pungkasi Klok.

Sementara, pelatih Klok di Persib, Bojan Hodak, turut mengapresiasi pencapaian timnas U23 Indonesia di kompetisi bergengsi di Asia tersebut.

Mereka adalah pemain-pemain masa depan untuk sepak bola Indonesia lebih cerah, mengingat beberapa nama pemain muda yang berkompetisi sekarang sudah menjadi andalan di tim senior, bahkan turut tampil di Piala Asia 2023 kemarin.

“Sangat bagus, sangat bagus untuk sepak bola Indonesia dan untuk anak-anak muda ini. Bagus untuk Indonesia karena banyak pemain yang juga bermain di Piala Asia terakhir,” kata Hodak.

“Jadi mereka sudah memiliki pengalaman untuk bermain di kompetisi yang sulit ini. Jadi itu menurut saya kenapa mereka bisa bermain dengan sangat bagus,” ujarnya.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Ahli Pangan Rekomendasikan 4 Makanan Ini untuk Cegah Peradangan, Bisa Dicoba Nih..

Jakarta, Mediaprospek.com – Diketahu istilah iInflamasi atau peradangan adalah mekanisme ketika tubuh melindungi diri dari …