Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock/Elena Veselova)

Makanan Pedas, Daging, Susu dan Gorengan Bisa Kurangi Cita Rasa Minum Kopi

Mediaprospek.com – Tak dipungkiri yang dari berbagai penelitian, ternyata beberapa jenis makanan bisa mengurangi cita rasa kopi atau mengurangi manfaat yang akan didapatkan tubuh.

Seperti halnya makanan yang pedas, buah citrus, daging, susu, dan makanan yang digoreng, semua perlu dihindari saat minum kopi.

Pasalnya, beberapa jenis makanan tersebut bisa membuat cita rasa kopi berkurang dan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD).

Sehingga, memahami saat minum kopi tidak boleh makan apa sangatlah penting sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dan manfaat kopi bisa didapatkan.

Berdasarkan info dari Antara, Selasa (2/5/2017), makan makanan pedas bersamaan dengan kopi dapat mengurangi kepekaan lidah sehingga cita rasa kopi akan berkurang.

Tentu saja hal ini berakibat kopi yang dinikmati akan terasa biasa saja dan kurang maksimal.

Sedangkan minum kopi bersamaan dengan buah citrus dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan karena kopi bersifat asam.

Dilansir dari Health, kopi dan buah citrus yang dikonsumsi secara bersamaan bisa meningkatkan risiko gastroesophageal reflux disease (GERD) dan menyebabkan beberapa gejala, seperti mual, kembung, dan nyeri ulu hati, atau heartburn.

Apalagi, minum kopi ternyata sudah terbukti dapat menurunkan penyerapan nutrisi di dalam usus, khususnya zat besi.

Selain itu, daging merah yang memiliki kandungan zat besi heme sehingga penyerapannya bisa berkurang secara signifikan saat dikonsumsi bersamaan dengan kopi, bahkan hingga 39 persen.

Kemudian terkait susu yang kaya akan kalsium dan sangat penting untuk mendukung kesehatan tulang, fungsi otot, pembekuan darah, dan produksi hormon.

Namun, sejatinya konsumsi susu dan kopi secara bersamaan dapat mengurangi penyerapan kalsium dan justru akan dikeluarkan tubuh melalui urine.

Selanjutnya Sereal fortifikasi adalah jenis sereal yang memiliki tambahan vitamin dan mineral, seperti zinc. Mengonsumsi jenis sereal ini bersama dengan kopi tidak disarankan karena dipercaya dapat mengganggu bioavailabilitas zinc.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut mengenai efek ini masih diperlukan. Kafein pada kopi ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Untuk mendapatkan manfaat kafein tersebut, Anda perlu mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti kacang-kacangan dan buah segar.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …