Tim bulu tangkis putra Indonesia yang akan bertanding di Thomas dan Uber Cup 2024 di Chengdu, China, 27 April-5 Mei 2024. (PBSI)

Menang di All England, Kini Tim Bulu Tangkis Indonesia Berjuang di Piala Thomas dan Uber Cup 2024

Mediaprospek.com – Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga di Piala Thomas-Uber Cup 2024 yang bakal digelar di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, China, 27 April-5 Mei 2024.

Tim bulu tangkis Indonesia sudah berangkat ke Chengdu, China, pada Rabu (24/4/2024) pukul 00.50 WIB menggunakan pesawat Cathay Airlines CX978 via Hong Kong.

Tim putra Indonesia berada di Grup C Thomas Cup 2024 bersama India yang berstatus juara bertahan, Thailand, dan Inggris.

Sementara, tim putri Merah Putih juga menempati Grup C Uber Cup 2024 dengan Jepang, Hong Kong, dan Uganda.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI (Kabid Binpres), Ricky Soebagja, menargetkan Indonesia menjuarai Thomas Cup 2024.

“Kami juara pada 2020 dan runner-up pada 2022. Mudah-mudahan tahun ini Piala Thomas kami bisa bawa pulang kembali ke Tanah Air,” ujar Ricky dalam keterangan PBSI.

“Syaratnya, teman-teman atlet harus benar-benar dalam kondisi yang prima dan tampil spartan. Kami berada di grup dengan kekuatan yang merata, yakni India, Inggris, dan Thailand,” ungkapnya.

“Kami harus punya strategi yang tepat pada masing-masing nomor,” ujar Ricky.

Sementara untuk tim putri Indonesia, PBSI punya target realistis bagi Gregoria Mariska Tunjung dkk, yaitu menembus semifinal Uber Cup 2024.

“Kami punya modal yang bagus. Gregoria makin menemukan format permainan yang pas. Untuk ganda, kami tetap perlu memasukkan Apriyani/Fadia sebagai ganda putri pertama untuk mendampingi Lanny/Ribka dan Meilysa/Rachel,” ujar Ricky.

“Lanny/Ribka juara Swiss Open dan Meilysa/Rachel juga Orleans Masters. Ini juga energi positif. Fokusnya adalah memenangi fase grup dulu. Setelah itu, kita lihat strategi selanjutnya,” ujar Ricky.

Indonesia terakhir kali menjuarai Thomas Cup 2020 yang digelar pada Oktober 2021 di Denmark. Keberhasilan itu membuat Indonesia melanjutkan dominasi di Thomas Cup dengan raihan 14 gelar.

Namun, Indonesia gagal mempertahankan trofi pada Piala Thomas 2022 di Thailand dan finis sebagai runner-up usai kalah 0-3 dari India.

Sementara itu, tim putri Indonesia terakhir kali menjadi juara pada 1996. Pada partisipasi terakhir di Uber Cup 2022, Indonesia terhenti di perempat final setelah kalah dari China.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Wafatnya Presiden Iran Sempat Menaikkan Harga Minyak Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian meninggal karena …