Majalah Forbes merilis daftar 10 orang terkaya di dunia yang hartanya melonjak drastis sepanjang 2023. (SHUTTERSTOCK/CHAILUK CHALATHAI)

Ini Dia 10 Orang Terkaya di Indonesia Menurut Versi Forbes Billionaires?

Mediaprospek.com – Meskipun Chairul Tanjung merupakan orang terkaya ke-7 di Indonesia dalam daftar Forbes Billionaires yang baru dirilis pada akhir tahun 2023 lalu, ternyata dia merupakan miliarder termuda di Indonesia dalam daftar 10 nama teratas.

Saat ini Chairul Tanjung berusia 61 tahun, atau jauh lebih muda dibandingkan nama lain dalam daftar ini yang rata-rata berusia 70-an tahun.

Total kekayaan Chairul Tanjung mencapai 5,7 miliar dollar AS, atau sekitar RP 88,65 triliun, pada kurs Rp 15.554 per dollar AS.

Sebagai pembanding, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono sendiri diketahui saat ini berusia 82 dan 84 tahun.

Dari daftar 10 orang terkaya di Indonesia, nama Lim Hariyanto Widjaya Sarwono menjadi miliarder tertua dengan usia 95 tahun.

Sebagai miliarder paling muda dari daftar 10 orang terkaya di Indonesia, Chairul Tanjung terkenal karena memiliki CT Corp yang bergerak dalam banyak lini bisnis seperti perbankan, ritel, hingga media.

Sedikit catatan, Chairul Tanjung diketahui merupakan anak dari seorang jurnalis. Saat ini Chirul Tanjung juga diketahui memiliki berbagai perusahaan media mulai dari media online hingga televisi.

Dari lini bisnis perbankan, Chairul Tanjung diketahui memiliki bank digital Allo Bank. Selain itu, bisnis ritelnya melingkupi merek dagang seperti Carrefour dan Transmart.

Dilansir dari Forbes, Chairul Tanjung juga disebut menguasai bisnis franchise Wendy’s di Indonesia. Ia juga memiliki bisnis franchise Versace, Mango, dan Jimmy Choo.

Tak hanya itu, ia juga diketahui memiliki saham di maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan beberapa bisnis perhotelan.

Dalam perjalanan kekayaannya, Chairul Tanjung sempat meraup kekayaan senilai 8,3 miliar dollar AS pada 2022.

Saat ini, ia menempati posisi ke-507 dalam daftar orang terkaya sedunia.

Daftar 10 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes Billionaire :

1. Robert Budi dan Michael Hartono (82 tahun dan 84 tahun) – 48 miliar dollar AS
2. Prajogo Pangestu (79 tahun) – 43,7 miliar dollar AS
3. Low Tuck Kwong (75 tahun) – 27,2 miliar dollar AS
4. Keluarga Widjaja – 10,8 miliar dollar AS
5. Antony Salim dan keluarga (75 tahun) – 10,3 miliar dollar AS
6. Sri Prakash Lohia (71 tahun) – 8,5 miliar dollar AS
7. Chairul Tanjung (61 tahun) – 5,7 miliar dollar AS
8. Agoes Projosasmito (68 tahun) – 5,4 miliar dollar AS
9. Lim Hariyanto Widjaya Sarwono (95 tahun) – 4,8 miliar dollar AS
10. Dewi Kam (73 tahun) – 4,45 miliar dollar AS

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Sepeda Listrik Marak Versus Motor Listrik yang Wajib Ber-STNK

Jakarta, Mediaprospek.com – Fenomena baru terjadi, sepeda listrik sekarang digemari masyarakat Indonesia yang keberadaannya mulai …