Pemko Banjarmasin Memperkenalkan Aplikasi Teras Data Berbagi

Peluncuran aplikasi teras data berbagi
Banjarmasin, mediaprospek.com – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik)nya memperkenalkan aplikasi Teras Data Berbagi, di ruang Banjarmasin Command Center (BCC), Balaikota Banjarmasin, Senin (20/11).
Kepala Diskominfotik Banjarmasin Windiasti Kartika mengatakan, aplikasi ini merupakan inovasi integrasi data sektoral tematik berbasks geospasial yang bertujuan menjadi wahana pengambilan keputusan dan penyampaian informasi publik di Kota Banjarmasin.
“Aplikasi ini untuk meningkatkan pemahaman tentang aspek geografi di berbagai sektor, memberikan landasan yang kuat bagi pemimpin dalam pengambilan keputusan yang lebih terinformasi dalam perencanaan dan pengembangan wilayah,” ungkap Windi.
Kadiskominfotik Banjarmasin Windiasti Kartika
Oleh karena itu, lanjutnya, proyek ini berguna untuk berbagai pihak. Diantaranya aplikasi ini membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, memudahkan perencanaan infrastruktur, layanan kesehatan, pendidikan, dan sektor lainnya, serta meningkatkan efisiensi anggaran pembangunan.
“Kolaborasi Pentahelix memastikan keberhasilan proyek ini di berbagai sektor. Bagi sektor swasta, aplikasi ini membantu perusahaan merencanakan strategi pemasaran, ekspansi, dan diversifikasi produk atau layanan,” ucap Windi.
Sementara itu, bagi akademisi, aplikasi ini mendukung penelitian ilmiah dan pendidikan, sementara bagi media, mempermudah penyebaran informasi tentang Pemerintah Kota Banjarmasin. Bagi masyarakat, aplikasi ini memberikan informasi yang kompleks dalam bentuk visual seperti peta atau grafik, mempermudah pemahaman.
“Terdapat tahapan jangka pendek, menengah, dan panjang dalam pengembangan aplikasi ini, dimulai dari pembentukan tim, pengumpulan data, hingga integrasi dengan port satu data nasional,” ujar Windi.
Kendati demikian, Ia menyampaikan aplikasi ini sudah berfungsi, walaupun masih dalam tahap pengembangan dengan penyesuaian data yang belum lengkap.
Harapan akan menjadi dasar pengambilan keputusan dan sarana penyampaian informasi pembangunan secara lengkap bagi masyarakat Kota Banjarmasin dalam beberapa bulan mendatang.
“Reaksi positif datang dari Kepala BPS Kota Banjarmasin, Edy Rahmadi, serta akademisi ULM dari FMIPA ULM, Dewi Anggraini, yang melihat aplikasi ini sebagai sarana yang mendukung kebijakan berbasis data dan akses data yang lebih mudah bagi masyarakat,” ujar Windi.
Foto bersama seluruh peserta yang hadir
Kemudian, Ia berharap pada optimalisasi, pengembangan, dan pemeliharaan aplikasi ini untuk memastikan keberhasilan dalam penentuan kebijakan serta penelitian yang berbasis data, memastikan akses dan pengkinian data secara terus menerus, yang sangat penting bagi pertumbuhan Kota Banjarmasin.
“Peluncuran aplikasi Teras Data Berbagi membawa harapan besar untuk mendukung pengambilan kebijakan yang lebih terinformasi dan memastikan penyebaran informasi pembangunan yang transparan kepada masyarakat Kota Banjarmasin. Dengan kolaborasi lintas sektor dan kesadaran akan pentingnya basis data yang terus-menerus diperbarui, diharapkan aplikasi ini menjadi tonggak kesuksesan dalam pembangunan wilayah Kota Banjarmasin,” ucap Windi.
Pada kegiatan ini dihadiri oleh, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako Banjarmasin M Makhmud dan sejumlah pimpinan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin serta pihak terkait lainnya. (Diskominfotik-Bjm/Mey)

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …