Ilustrasi pusing saat bangun tidur. (Foto: Getty Images/staticnak1983)

Ini Beberapa Penyebab Pusing Setiap Bangun Tidur, Yuk Simak..

Mediaprospek.com – Tidur yang efektif tentu pada saat bangun seharusnya tubuh merasa segar dan bertenaga, namun terkadang, kita bisa mengalami pusing atau sakit kepala.

Hak ini sebenarnya tak masalah, di mana pusing setelah bangun tidur merupakan sesuatu yang normal terjadi dan akan hilang dalam beberapa saat.

Namun jangan diabaikan juga, pada kasus tertentu, gejala pusing bisa berlangsung hingga beberapa jam sehingga mengganggu aktivitas.

Meski terkesan sepele, penyebab pusing setiap bangun tidur harus cepat dicari tahu. Sebab, kondisi tersebut bisa saja menjadi tanda gangguan kesehatan yang mungkin tidak disadari.

1. Tekanan Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah faktor yang paling sering menyebabkan pusing setiap bangun tidur.

Biasanya, ini terjadi ketika seseorang mengubah posisi dari berbaring ke duduk atau berdiri dengan terlalu cepat. Hipotensi ini juga disebut juga dengan istilah hipotensi postural.

Umumnya, rasa pusing akibat hipotensi postural hanya berlangsung beberapa menit dan dapat membaik dengan sendirinya.

2. Dehidrasi

Penyebab pusing saat bangun tidur lain adalah dehidrasi. Dikutip dari laman National Sleep Foundation, saat tidur tubuh akan memproduksi hormon vasopresin yang mengurangi kadar cairan dalam tubuh.

Selain itu, posisi tidur tertentu juga bisa meningkatkan penurunan cairan dalam tubuh. Seseorang juga menjadi lebih cepat mengalami dehidrasi jika tidur dalam ruangan yang panas.

3. Sleep Apnea

Dikutip dari Mayo Clinic, sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang bisa berhenti bernapas selama beberapa detik saat tidur.

Ketika mengalami sleep apnea, kadar oksigen dalam otak berkurang. Hal ini yang menimbulkan pusing dan sakit kepala saat bangun tidur.

Adapun beberapa gejala sleep apnea di antaranya mendengkur atau ngorok keras, berkeringat saat tidur, sesak napas, dan kelelahan saat bangun tidur.

4. Kurang Tidur

Begadang sudah menjadi bagian dari keseharian banyak orang, terutama di zaman yang super sibuk seperti sekarang. Namun, kebiasaan begadang ternyata bisa menjadi salah satu penyebab pusing setiap bangun tidur.

Dikutip dari Healthline, kurang tidur dapat menurunkan ketahanan tubuh terhadap rasa sakit. Inilah alasan mengapa orang yang sering begadang kerap merasa pegal dan nyeri saat bangun tidur, termasuk sakit kepala.

5. Bruxism

Bruxism adalah istilah yang merujuk pada kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur. Umumnya, hal ini bisa disebabkan berbagai macam faktor, seperti kecemasan, pola hidup tak sehat, keturunan, hingga efek penyakit tertentu.

Meski terlihat sederhana, bruxism dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. Dikutip dari laman Denver Upper Cervical, bruxism dapat memengaruhi kualitas tidur sehingga secara tidak langsung memicu timbulnya sakit kepala.

6. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi ketika level gula darah berada di bawah normal. Hipoglikemia merupakan salah satu komplikasi yang bisa muncul akibat penyakit diabetes.

Dikutip dari Everyday Health, hipoglikemia ditandai dengan sakit kepala saat bangun tidur, keringat dingin, dan perasaan cemas yang tak kunjung hilang.

Selain itu, hipoglikemia juga bisa dipicu penggunaan obat tertentu, seperti beta-blocker, cibenzoline, dan quinidine (obat-obatan aritmia).

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …