Foto: Getty Images/iStockphoto/Burhanuddin Helmi

Lima Indera Manusia Makin Sehat Bila Mengonsumsi Makanan Ini, Yuk Simak..

Mediaprospek.com – Ternyata mengonsumsi makanan yang menyenangkan untuk kelima indera kita, seperti penglihatan dan penciuman mampu dan bisa menyehatkan tubuh.

memanag, makanan enak bukan hanya tentang memuaskan selera saja, tetapi juga memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh termasuk kelima indera kita memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Karenanya penting untuk memilih makanan yang mampu merangsang kelima indera, mulai dari indera penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa hingga peraba.

Sebab dengan mengonsumsi makanan yang menyenangkan bagi indera tubuh, mampu mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh, seperti dilansir Pulse.ND (10/11/23).

Berikut makanan sehat untuk 5 indera tubuh :

1. Indera Perasa

Rajin Makan Buah dan Sayur, Setara dengan 4 Ribu Langkah Sehari
Untuk meningkatkan kesehatan pada indera perasa, disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan manis alami Foto: Iustrasi iStock

Untuk meningkatkan kesehatan pada indera perasa, disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan manis alami seperti buah dan sayuran. Keduanya dikemas dengan vitamin dan serat.

Selain itu, juga ada kandungan antioksidan yang akan memuaskan hasrat akan gula tetapi juga memberikan nutrisi. Kamu bisa memilih buah berry, mangga, semangka dan lainnya.

2. Indera Penglihatan

Mempertajam indera penglihatan bisa dengan mengonsumsi sayuran berwarna-warni. Seperti wortel, paprika, hingga sayur bayam.

Wortel dikenal dengan warna oranye cerah karena mengandung beta-karoten. Senyawa itu yang berperan memberi warna oranye pada wortel dan berperan menyehatkan penglihatan.

Kemudian bayam dikemas dengan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari gelombang cahaya berbahaya. Sayuran tersebut juga mengandung vitamin A yang dibutuhkan mata.

3. Indera Penciuman

Promosi Rempah Indonesia Lewat 'Spice Up the World' di Google Arts & Culture
Rempah-rempahan mampu merangsang indera penciuman. Foto: iStock

Indera penciuman kerap kali dirusak oleh bakteri. Untuk meningkatkankesehatannya perlu sesuatu yang aromatik, seperti bumbu dan rempah-rempahan.

Misalnya bawang putih yang mengandung allicin, senyawa yang dikenal memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Sementara kunyit mengandung kurkumin.

Itu merupakan senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kamu bisa memasukkan rempah-rempahan tersebut dalam makanan untuk merangsang indera penciuman.

4. Indera Pendengaran

Untuk merangsang indera pendengaran, kamu perlu mengonsumsi makanan bertekstur renyah. Alih-alih keripik, pilihlah makanan sehat seperti apel, almond, dan seledri.

Selain bagus untuk pendengaran, makanan renyah tersebut mampu merangsang produksi air liur yang akan membantu menetralkan asam di mulut sehingga mencegah kerusakan gigi.

Seperti apel misalnya, yang selain renyah juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Begitu juga dengan almond yang kaya akan lemak sehat.

Kemudian ada seledri yang memiliki tekstur berserat juga berperan sebagai sikat gigi alami, di mana mampu membersihkan gigi dan gusi saat kita mengunyah.

5. Indera Peraba

alpukat
Alpukat dapat merangsang indera peraba. Foto: Getty Images

Indera peraba terlibat melalui tekstur makanan yang kita konsumsi. Misalnya, alpukat dengan konsistensi krimnya menambah sentuhan lembut pada salad dan sandwich.

Atau kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji chia. Biji itu akan menawarkan rasa renyah yang memuaskan.

Makanan seperti yogurt dan puding pun mampu merangsang indera peraba karena teksturnya yang halus dan lembut, sehingga memberikan rasa mewah di mulut.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Yuk! Cek Tarif Listrik Terbaru dari PLN yang Mulai berlaku Awal Agustus 2024

Mediaprospek.com – Jelang akhir Juli 2024, kembali lagi Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya …