Ilustrasi Seismograf, alat pencatat kekuatan gempa. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)

Dini hari Tadi, Gempa Bumi 7,4 SR Terjadi di dekat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Jakarta, Mediaprospek.com – Terjadi gempa bumi dini hari tadi sekitar pukul 02.55 dengan magnitudo (M) 7,4 yang mengguncang sekitaran Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Gempa ini juga dirasakan di Lombok, Bali, hingga Blitar, Jawa Timur. “Pusat gempa berada di laut 180 km Tenggara Tanah Bumbu,” tulis BMGK di laman resminya, Selasa (29/8/2023).

“Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” jelasnya.

BMKG mencatat gempa ini dirasakan pada skala MMI V di Kuta, Bali. Gempa dirasakan pada skala MMI IV di Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok. Pada skala MMI III-IV di Karankretes.

Gempa dirasakan pada skala MMI III di Kuta Setalan, Tabanan, Bali. Pada skala MMI II-III di Trenggalek dan skala MMI II di Blitar serta Bantul, DIY.

Pada skala MMI V getaran gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Pada skala MMI IV pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara pada skala MMI III getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Namun, gempa pada pada titik koordinat 4,38 lintang selatan dan 116,90 bujur timur pada kedalaman 10 kilometer dari 180 km tenggara Tanah Bumbu-Kalsel itu tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG, Selasa (29/8/2023).

(mzr/dtc)

 

Loading

Check Also

Januari 2025, Kendaraan Bermotor Indonesia Wajib Ikuti Asuransi TPL

Jakarta, Mediaprospek.com – Mulai Januari 2025, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakam bahwa seluruh kendaraan bermotor …