Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Kredit Macet di Pinjaman Berbasis Online Meningkat Namun Masih di Bawah 5 Persen

Jakarta, Mediaprospek.com – Ada peningkatan kerdit macet yang cukup signifikan dari pinjaman berbasis online, demikian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada konferensi Pers, kemarin.

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono menuturkan meningkatnya kredit macet pinjol berdasarkan tingkat wanprestasi (TWP) 90 yang naik menjadi 3,36 persen per Mei 2023.

“Tingkat risiko kredit secara agregat TWP 90 naik menjadi 3,36 persen dibandingkan periode April 2023 2,82 persen,” ungkap Ogi dalam konferensi pers, Selasa (4/7).

TWP90 adalah pembiayaan yang tidak dibayar lebih dari 90 hari sejak tanggal jatuh tempo oleh debitur.

Ogi pun mengatakan per Mei 2023, outstanding pembiayaan yang disalurkan pinjol naik 28,11 persen menjadi Rp51,46 triliun.

Dengan TWP90 per Mei 2023 sebesar 3,36 persen tadi, maka kredit macet P2P lending pada bulan tersebut adalah senilai Rp1,72 triliun.

Meski meningkat, Ogi menilai rasio kredit macet industri P2P lending masih terkendali. Sebab, sejak awal periode pandemi tingkat TWP90 bergerak pada kisaran 2,8 persen hingga 3,3 persen.

Tak hanya itu, kata dia, tingkat TWP90 pun masih berada di bawah ambang batas dari ketentuan yang telah ditetapkan, yakni 5 persen.

“Kami anggap itu masih cukup baik ya karena masih di bawah 5 persen yang kami jadikan threshold TWP90 harinya,” tandas Ogi.

(mzr/cnn)

Loading

Check Also

Dini Hari Lusa, Atletico Madrid Vs Barcelona, Joao Felix Pun Disorot di Lanjutan Liga Spanyol

Jakarta, Mediaprospek.com – Joao Felix yang kini bela Barcelona bakal berhadapan dengan mantan klubnya Atletico …