Teks foto : Tingkatkan Kualitas SDM, Muaythai Kalsel Gelar Penataran Wasit dan Juri

Tingkatkan Kualitas SDM, Muaythai Kalsel Gelar Penataran Wasit dan Juri

Banjarmasin, mediaprospek.com – uaythai Indonesia (MI) Kalsel menggelar penataran wasit dan juri tingkat daerah mulai dari 3-4 Juni 2023.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 28 peserta dari kab/kota yang menghadirkan pemateri langsung dari Wakil Ketua Umum Bidang Binpres, Opniel Untung.

“Kegiatan ini untuk memberikan pembekalan kepada wasit dan juri di Kalsel untuk menghadapi Pra PON 2023 nanti,” terang Ketua Umum Muaythai Kalsel, H Aftahudin.

Pelaksanaan babak kualifikasi Pra PON sendiri lanjutnya akan dilakukan pada bulan Agustus nanti bertempat di Provinsi Surabaya.

Aftahudin juga mengemukakan penataran ini sekaligus untuk menambah Sumber Daya Manusia (SDM) wasit juri yang handal di Kalsel sehingga tidak perlu banyak memakai wasit juri dari luar daerah.

“Kami mengharapkan wasit juri ini nantinya siap menghadapi event- event pertandingan di Kalsel,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bid Binpres PB MI, Opniel Untung mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya berkesempatan menyamakan regulasi seluruh pengprov MI di Indonesia.

“Sehingga output ketika pertandingan sama, tidak ada perbedaan pendapat tentang regulasi,” katanya.

Menurutnya dengan banyaknya SDM wasit juri yang dimiliki Kalsel akan bisa memimpin pertandingan di banua sendiri sebab mereka sudah belajar ilmu yang sama dengan wasit juri daerah lainnya.

Saat ini kata ia daerah yang dominan terhadap Muaythai masih dari wilayah Pulau Jawa dan Kaltim yang sering ikut dalam berbagai pertandingan.

“Kalau Kalsel terus berbenah, saya yakin prestasinya juga bisa bersaing dengan daerah lainnya,” ucapnya. (*)

Loading

Check Also

Jelang Tur Pramusim ke Klub di Amerika Serikat, Pelatih Barcelona Hansi Flick Didamping Thiago Alcantara

Mediaprospek.com – Thiago Alcantara segera kembali ke dunia sepak bola usai Barcelona mengkonfirmasi bahwa dia …