Luciano Spalletti, pelatih Napoli di Liga Italia. (REUTERS/CIRO DE LUCA)

Napoli Juara Liga Italia 2022/2023, Luciano Spalleti Terpilih Jadi Pelatih Terbaik

Naples, Mediaprospek.com – Sebelum hengkang dari Napoli yang menjuarai Serie A 2022/2023, Luciano Spalletti didapuk sebagai pelatih terbaik musim ini.

Alasannya, Spalletti tak dipungkiri adalah alasan utama mengapa Napoli bisa melaju kencang dan akhirnya merebut Scudetto pertamanya sejak 1989.

Meskipun di awal musim, Napoli kehilangan banyak pemain bintang seperti Lorenzo Insigne, Dries Mertens, Kalidou Koulibaly, Fabian Ruiz, dan Arkadiusz Milik.

Tapi, Spalletti mampu meramu skuad yang berpadukan pemain lawas dan beberapa nama baru menjadi kekuatan yang mengerikan. Napoli jadi tim paling produktif dengan 75 gol dan juga paling solid karena baru kebobolan 28 gol dari 37 pekan.

Oleh karenanya, Lega Serie A tak membuang waktu untuk memutuskan Spalletti berhak atas penghargaan Pelatih Terbaik Liga Italia 2022/2023.

Lega Serie A menyebut Spalletti mendapat voting terbanyak dari para juri yang diisi para jurnalis ternama Italia. Kriteria tak cuma statistik dan permainan, tapi juga aksi fair play selama pertandingan.

Napoli players celebrate the end of the Italian Serie A soccer match between Napoli and Fiorentina at the Diego Armando Maradona stadium in Naples, Italy, Sunday, May 7, 2023. (Alessandro Garofalo/LaPresse via AP)

Gelar juara ini dikunci Napoli usai imbang 1-1 kala melawan Udinese di Dacia Arena, Jumat (5/5/2023) dini hari WIB.

“Luciano Spalletti di Napoli musim ini begitu luar biasa,” ujar Ketua Lega Serie A Luigi De Siervo di Football Italia.

“Azzurri langsung tancap gas sedari pekan pertama bukan karena hasil saja, tapi juga gaya bermain spektakuler, yang mendapat apresiasi di level dunia.”

Ini jadi gelar Pelatih Terbaik ketiga yang diraih Spalletti setelah 2004/2005 dan 2005/2006. Sayangnya, ini adalah musim terakhir Spalletti di Napoli, karena pelatih berkepala plontos itu akan pergi ketiga kontraknya habis akhir Juni.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …