Ini seragamnya, kala bek Inter Milan Federico Dimarco berselebrasi usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada laga pekan ke-34 Liga Italia 2022-2023 di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (6/5/2023) malam WIB. (AFP/VINCENZO PINTO)

Final Liga Champions: Inter Milan Boleh Pakai Jersey Keberuntungan Hitam-Biru Kala Kontra Manchester City

Mediaprospek.com – Dianggap sebagai kostum membawa keberuntungan, UEFA memberikan lampu hijau kepada Inter Milan untuk mengenakan seragam hitam-biru di final Liga Champions 2022-2023 kontra Manchester City.

La Gazzetta dello Sport dan Sky Sport Italia menyebut Inter sudah mendapatkan persetujuan UEFA untuk memakai jersey berwarna hitam-biru pada partai puncak Champions League versus Man City.

Diketahui Final Liga Champions 2022-2023 antara Man City vs Inter akan dilangsungkan di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turkiye, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Sebelumnya, melalui skema drawing, UEFA telah menentukan bahwa Man City bertindak sebagai tuan rumah untuk partai final Liga Champions 2022-2023.

Artinya, Man City berhak menggunakan jersey utama berwarna biru langit dan memakai fasilitas tim kandang selama berada di Olympic Ataturk Stadium.

Sedangkan Inter Milan yang berstatus tamu, secara regulasi seharusnya bakal mengenakan kostum ketiga mereka berwarna kuning.
Akan tetapi, Inter kemudian meminta izin kepada UEFA, operator Liga Champions, untuk menggunakan jersey nerazzurri alias hitam-biru, mengingat corak itu tak berbenturan dengan kostum utama Man City.

Persetujuan pada akhirnya datang dari UEFA sehingga Lautaro Martinez dkk dipastikan akan melangkah ke arena Ataturk Olympic Stadium dengan memakai warna kebesaran, sekaligus jersey hoki mereka.

Inter Milan bakal memakai jersey hitam-biru dilengkapi dengan celana dan kaus kaki berkelir hitam.

Sementara itu, sang kiper, Andre Onana, disebut bakal menggunakan seragam warna kuning, mulai dari atasan sampai kaus kaki.

Sebagai catatan, Inter Milan mengenakan seragam hitam-biru kala menjuarai Liga/Piala Champions perdana mereka pada. 27 Mei 1964.

Waktu itu, Inter Milan yang diasuh pelatih legendaris yang dinilai sebagai maestro catenaccio, Helenio Herrera, mengalahkan Real Madrid pada partai puncak.

Kostum hitam-biru juga menemani Inter kala mencetak treble bersejarah bersama Jose Mourinho pada 2010. Ketika mengalahkan Bayern Muenchen 2-0 pada final Liga Champions 2010, Inter juga menggunakan jersey nomor satu.

Titel Liga Champions pada 2010 menegaskan musim indah Inter yang berstatus juara Serie A Liga Italia dan Coppa Italia.

Fans Inter tentu berharap warna hitam-biru kembali memberikan hoki di final Liga Champions 2022-2023 kontra Man City.

Tercatat, dalam lima kesempatan sebelumnya bermain di final Liga Champions, Inter cuma pernah sekali mentas tanpa menggunakan kostum hitam-biru.

Fenomena langka itu muncul pada final Piala Champions 1965 sewaktu Inter membekuk Benfica 1-0.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Donald Trump Terluka, Biden Mengutuk, Berikut Fakta-fakta Insiden Penembakan Itu

Jakarta, Mediaprospek.com – Sejumlah fakta pun terkonfirmasi terkait kandidat Presiden AS Donald Trump yang menjadi …