Para karyawan BI ketika hendak bertolak ke pesisir sungai Batola dan Kapuas, melayani masyarakat dalam penukaran uang (Foto/humasBIkalsel)

Sambangi Masyarakat Pesisir Sungai, BI Sediakan Layanan Uang Baru Layak Edar

Banjarmasin, mediaprospek.com– Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) kembali melakukan inovasi layanan kas untuk menyediakan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, yaitu Ekspedisi Rupiah Susur Sungai.

“Dalam kegiatan ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah,” Kata Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo melalui Robi Ariadi, selaku Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Intern kepada wartawan menjelaskan, Senin (8/5/23) di Banjarmasin.

Kegiatan ini, lanjut Robi, menggunakan transportasi sungai dengan menyusuri masyarakat sepanjang pesisir sungai.

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan akan menyusuri sungai di wilayah Kabupaten Barito Kuala hingga Kabupaten Kapuas sedangkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah akan menyusuri sungai dari Palangkaraya hingga Kabupaten Kapuas”, ujarnya.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 8 (hari ini) s.d 11 Mei 2023 dan jumlah uang rencana akan didistribusikan sebanyak Rp3,2 Milyar.

Selain kegiatan penyediaan uang layak edar, Ekspedisi Rupiah Susur Sungai turut menghadirkan kegiatan, yang meliputi: (i) Layanan Kas Keliling, (ii) Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, dan (iii) Program Bantuan Sosial Dedikasi Untuk Negeri yaitu PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) berupa bantuan sarana dan prasarana pendidikan kepada SDN Sungai Punggu 2 dan SDN Sungai Seluang.

Tujuan PSBI ini, agar dapat memberikan dukungan peningkatan kualitas pendidikan setempat.

Seremonial acara pelepasan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 8 Mei 2023 di Taman Siring Piere Tandean – Patung Bekantan, yang dihadiri Walikota Banjarmasin, Bapak H. H. Ibnu Sina, S,.Pi.,M.Si, Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Pimpinan Perbankan Wilayah Kalimantan Selatan dan Segenap unsur Forkopimda Kota Banjarmasin.

Acara puncak Ekspedisi Rupiah Susur Sungai akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2023 di Pelabuhan Danau Mare Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam acara tersebut, akan mempertemukan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan dan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah yang juga disertai kegiatan Layanan Kas Keliling dan Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah.

Kegiatan ekspedisi akan menjadi momen yang berharga untuk menghadirkan Bank Indonesia hingga ke berbagai pelosok negeri dan menjadi komitmen untuk :

– Menyediakan uang Rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI.

– Meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kebanggan masyarakat untuk menggunakan uang Rupiah.

Menjaga reputasi uang Rupiah sebagai salah simbol kedaulatan negara.

Bank Indonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI. (Rilis BI)

Loading

Check Also

Jelang Tur Pramusim ke Klub di Amerika Serikat, Pelatih Barcelona Hansi Flick Didamping Thiago Alcantara

Mediaprospek.com – Thiago Alcantara segera kembali ke dunia sepak bola usai Barcelona mengkonfirmasi bahwa dia …