Sebagian pemain Timnas Indonesia U-22 sebelum menghadapi Myanmar. (Foto: Istimewa/tangkapan layar Instagram PSSI)

SEA Games 2023: Sore Ini, Bila Kalahkan Myanmar, Indonesia Puncaki Klasemen di Grup A

Mediaprospek.com – Timnas Indonesia U-22 akan di posisi teratas bila mengalahkan Myanmar pada pertandingan kedua Grup A cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamis (4/5/2023) sore ini, WIB.

Saat ini tim asuhan Indra Sjafri ini bertengger di peringkat kedua dengan poin tiga, di bawah tuan rumah Kamboja yang mengemas empat poin hasil dua pertandingan.

Di atas kertas peluang Indonesia sangat terbuka. Sejarah mencatat Indonesia lebih digdaya atas Myanmar di pentas SEA Games. Catatan ini mengacu pada hasil sejak aturan U-23 diterapkan.

Dari sembilan pertemuan sejak 2001, Indonesia menang empat kali. Sisanya kali dua kali imbang dan tiga kali kalah. Dalam tiga pertemuan terakhir Myanmar tak pernah menang atas Indonesia.
Iklan

Berkaca dari pertandingan sebelumnya, Myanmar hanya menang 1-0 saat jumpa Timor Leste. Tim asuhan Michael Feichtenbeiner ini agak kepayahan menghadapi perlawanan anak-anak Timor.

Namun, dari segi persiapan, Myanmar dan Indonesia sama-sama minim. Persiapan kedua tim nyaris sama-sama dua bulan. Bedanya Myanmar bersiap di Thailand, sedangkan Indonesia di dalam negeri.

Kondisi ini membuat Myanmar percaya diri bisa menahan Indonesia. Pertandingan pembuka dengan kemenangan membuat kepercayaan diri Thet Hein Soe meningkat tajam menjelang lawan Indonesia.

Kepercayaan diri Indonesia U-22 pun menanjak setelah menang 3-0 atas Filipina. Meski tampil tak terlalu garang pada laga pertama, ada agresivitas yang mulai terkatrol.

Kehadiran Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman, sebagai dua pemain langganan Timnas Indonesia, membuat mentalitas pemain naik. Keduanya terbukti jadi kunci di laga pertama.

Namun masih ada celah yang bisa dieksploitasi lawan. Jika Indra tak bisa menutupi kekurangan di laga pertama saat melawan Myanmar, bukan tidak mungkin lawan meraih kemenangan.

(mzr/dtc/cnn)

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …