Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berpose usai memenangi babak pertama Kejuaraan Asia 2023, di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/4/2023). (PBSI)

Kejuaraan Asia 2023: Sore Ini, 12 Wakil Indonesia ke Babak Selanjutnya, Dua Unggulan Tertinggal

Mediaprospek.com – Dalam lanjutan babak pertama yang digelar di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Uni Emirat Arab, Rabu (26/4/2023) menghasilkan 12 kontestan asal Indonesia melaju ke babak kedua dii Kejuaraan Asia 2023.

Hasil itu diperoleh dari pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, menjadi wakil Indonesia pertama yang menang pada hari kedua.

Kemenangan straight game atas Chamath Dias/Natasha Gunasekera (Srilanka) membawa Rinov/Mentari menyusul dua ganda campuran Indonesia yang lebih dahulu lolos.

Pada hari pertama, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, telah berhasil melewati babak pertama.

Kehadiran tiga wakil di satu sektor juga tercipta di ganda putra, yakni pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana membuka jalan dengan kemenangan mereka atas wakil Singapura.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menyusul dengan cara yang berbeda.

Fajar/Rian yang menjadi unggulan pertama mampu mengatasi perlawanan juara Spain Masters 2023, He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China), walau selalu tertinggal duluan.

Sedangkan Ahsan/Hendra mencetak kemenangan meyakinkan atas pasangan remaja kembar dari tuan rumah.

Adapun enam amunisi Indonesia di babak kedua tersebar secara merata ke tiga sektor lainnya yaitu tunggal putra, tunggal putra, dan tunggal putri.

Termasuk di antaranya adalah pemain andalan seperti Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung.

Sejumlah wakil dengan status unggulan tak luput dari nestapa yang diawali pada Rabu (26/4/2023) ketika PBSI mengumumkan bahwa Jonatan Christie batal bertanding.

Padahal Jonatan merupakan unggulan pertama sekaligus finalis Kejuaraan Asia tahun lalu. Akan tetapi, infeksi dalam darah memaksa pemenang emas Asian Games 2018 ini untuk mundur dari kompetisi.

Jonatan menjadi wakil Indonesia kedua yang mundur karena masalah kesehatan pada Kejuaraan Asia 2023.

Sehari sebelumnya, pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, harus mundur di tengah laga karena cedera otot yang dialami Rehan.

Merah Putih juga harus kehilangan pasangan ganda putri terbaik Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Unggulan kelima itu tumbang di tangan pasangan kuda hitam, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand), walau sempat unggul cukup jauh di gim pertama.

Di ganda putri Indonesia mengandalkan dua pasangan muda, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Meillysa Puspitasari/Rachel Allessya Rose.

Babak kedua Kejuaraan Asia 2023 akan berlangsung pada Kamis (27/4/2023) mulai pukul 14.00 WIB.

(mzr/bsc)

Loading

Check Also

Jelang Tur Pramusim ke Klub di Amerika Serikat, Pelatih Barcelona Hansi Flick Didamping Thiago Alcantara

Mediaprospek.com – Thiago Alcantara segera kembali ke dunia sepak bola usai Barcelona mengkonfirmasi bahwa dia …