Ternyata cuma minum air putih saat sahur nggak bikin tahan haus saat puasa. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto)

Saat Sahur Hanya Minum Air Putih, Apakah Tak Bahaya untuk Kesehatan?

Mediaprospek.com – Saat kita menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini adalah kewajiban bersahur untuk memastikan tubuh siap menjalani hari sampai waktu berbuka.

Namun, tak sedikit orang yang memilih untuk hanya mengisi perut dengan mengonsumsi banyak air dengan harapan bisa menjaga tubuh jauh dari rasa haus sepanjang hari.

Shugufta M Zubair, Food Safety Awareness Officer di Dubai Municipality menjelaskan bahwa meskipun sulit untuk bangun pada waktu sahur, mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi saat sahur merupakan hal yang tak boleh diabaikan.

“Mengonsumsi banyak air (saat sahur) bukan berarti tubuh akan lebih terhidrasi karena hal tersebut hanya memiliki efek jangka pendek,” jelas Zubair.

Meskipun air memang penting untuk kesehatan tubuh, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan asupan lainnya. Dalam hal ini, Zubair menganjurkan untuk mengonsumsi porsi yang seimbang antara air, karbohidrat, protein, sayur-sayuran, dan produk susu.

“Karbohidrat memberikan energi dan berperan penting dalam pola makan. Satu porsi makanan harus terdiri atas 1/3 karbohidrat, 1/3 protein, dan 1/3 sayur-sayuran,” ujarnya.

Selain menyorot pentingnya menjaga keseimbangan gizi dan nutrisi yang tergantung dalam asupan sahur, ia juga menyorot pentingnya menjaga kesegaran makanan yang dikonsumsi.

“Banyak orang yang menyiapkan makanan di malam hari dan membiarkan makanannya terbuka selama lebih dari dua jam, yang dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri,” pungkas Zubair.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Hari Ini Puncak Haji dan Wukuf di Padang Arafah

Jakarta, Mediaprospek.com – Mulai hari ini, jemaah haji sedang bersiap memasuki puncak haji 2024 dengan …