Pendiri Instagram Kevin Systrom. (Foto: Istimewa)

Ternyata Kevin Systrom Sedih Lihat Instagram Hanya Jadi Platform Komersial

Jakarta, Mediaprospek.com – Instagram memang sudah mendunia, namun ternyata penciptanya Kevin Systrom mengaku sedih melihat aplikasi saat ini yang kehilangan jati dirinya.

Pasalnya, Systrom mengaku sering membuka Instagram untuk melihat apa yang dilakukan keluarga dan temannya. Namun kini ia merasa aplikasi ciptaannya lebih mirip seperti platform komersial tempat brand dan influencer mencari uang.

“Saya pikir kita telah kehilangan jiwa yang membuat Instagram menjadi Instagram,” kata Systrom dalam wawancara di podcast jurnalis teknologi Kara Swisher, seperti dikutip dari Insider, Rabu (22/3/2023).

Menurut Systrom masalah utama Instagram adalah insentif yang diberikan lebih mengarah untuk mendapatkan lebih banyak iklan, lebih banyak kreator, dan lebih banyak pendapatan dari iklan.

Masalah ini memiliki juga memiliki konskuensi sosial. Systrom mengatakan Instagram kini jadi menjadi tempat orang-orang memamerkan kekayaannya dan seolah-olah hidup enak tanpa batas.

Hal ini menciptakan dinamika yang mengerikan, menurut Systrom. Ia mengatakan banyak pengguna Instagram yang melihat gaya hidup pura-pura ini adalah kehidupan nyata orang-orang di balik akun tersebut.

“Hidup ini sangat sulit, dan apapun yang orang-orang posting di Instagram adalah puncak gunung es. Ini menjadi perlombaan siapa yang bisa menjadi paling sempurna,” ujarnya.

Systrom mengaku ia melihat perubahan ini di feed Instagram-nya sendiri. Ia mengatakan banyak teman-temannya yang dulu hanya posting konten soal kegiatan sehari-hari dan kini jadi posting konten iklan.

“Itu, bagi saya, bukan Instagram yang kami dirikan,” kata Systrom.

Systrom mendirikan Instagram bersama Mike Krieger pada tahun 2010. Pada April 2012, Instagram resmi dibeli Facebook (kini bernama Meta) senilai USD 1 miliar. Systrom dan Krieger pun ikut bergabung bersama Facebook, masing-masing sebagai CEO dan CTO Instagram.

Pada September 2018, Systrom dan Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari Instagram. Keduanya tidak mengungkap alasan pengunduran diri, namun kabarnya Systrom dan Krieger sempat bentrok dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Sore Ini Liga 1, Barito Putera Vs Bhayangkara FC Dinilai Tanpa Beban

Bantul, Mediaprospek.com – Di pekan 33 BRI Liga 1 2023/2024, sore ini Barito Putera akan …