Foto: Ilustrasi Getty Images/1001nights

Badan Tak Sehat, Perlu Konsumsi Kopi yang Sesuai Golongan Darah, Benarkah..

Jakarta, Mediaprospek.com – Ternyata pilihan kopi tak hanya bisa membaca karakter atau kepribadian seseorang, namun juga memiliki berbagai efek yang beda sesuai golongan darah seseorang.

Pasalnya, kopi memiliki efek dan reaksi berbeda pada golongan darah tertent yang disebabkan oleh reaksi darah ketika bertemu kandungan kafein.

Apalagi, saat tubuh sedang stress atau kurang sehat, maka ada jenis golongan darah yang disarankan untuk minum kopi menghindarinya di waktu-waktu tertentu.

Dilansir dari Calendar CA (16/03), berikut aturan minum kopi sesuai golongan darah.

1. Golongan Darah O

Catat! Ini Efek Kafein Kopi pada Tubuh Sesuai Golongan Darah
Foto: Ilustrasi Getty Images/1001nights

Dari keempat golongan darah yang ada, orang-orang dengan golongan darah O disarankan untuk menghindari minum kopi. Karena kandungan kafein pada tubuh golongan darah O, bisa memicu tingkat adrenalin mereka.

Selain kandungan kafein pada kopi. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar Golongan Darah O menghindari minuman alkohol, hingga bir. Begitu juga dengan makanan manis, apalagi yang mengandung pemanis buatan.

Untuk pengganti kopi, orang-orang dengan golongan darah O bisa menggantinya dengan air putih. Atau infused water, seperti air putih dicampur lemon.

2. Golongan Darah B

Catat! Ini Efek Kafein Kopi pada Tubuh Sesuai Golongan Darah
Foto: Ilustrasi Getty Images/1001nights

Meskipun kopi tidak berdampak buruk pada orang-orang yang memiliki golongan darah B. Tapi sebaiknya mereka tetap membatasi konsumsi minum kopi.

Karena terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Seperti insomnia, jantung berdebar hingga menimbulkan rasa cemas. Sementara minuman yang direkomendasikan ada teh hijau, yang dinilai jauh lebih sehat.

Kebiasaan ngopi ini bisa diganti dengan ngemil sayuran hijau, karena cocok untuk golongan darah B. Tapi hindari sayuran jagung, tomat, alpukat dan labu karena tidak terlalu bagus untuk tubuh bagi golongan darah ini.

3. Golongan Darah A

Orang-orang dengan golongan darah A memiliki sifat yang terorganisir, dan bertanggung jawab. Mereka juga lebih konsisten, dan bisa menghadapi masalah dengan tenang.

Untuk jenis kopi sendiri, kopi dinilai sehat untuk mereka yang memiliki golongan darah A. Karena orang-orang dengan golongan darah A memiliki kadar asam perut yang rendah, sehingga asam dari kopi (pH 5.0-5.1) bisa membantu menyeimbangkannya.

Selain itu kopi bisa memiliki efek stimulan karena kandungan kafein di dalamnya. Minum 1-3 cangkir kopi sehari memiliki banyak manfaat untuk orang-orang dengan golongan darah A.

4. Golongan Darah AB

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffee
Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti

Mereka yang memiliki golongan darah AB sering berpikir rasional, mudah bergaul dan dapat diandalkan. Mereka sering dianggap sebagai sosok yang sulit ditebak dan mengutamakan logika.

Nah, untuk konsumsi kopi sendiri sebenarnya tidak terlalu disarankan. Karena golongan darah ini memiliki tipe antigen yang sama dengan golongan darah A dan B.

Sehingga makanan-makanan yang mengandung bahan kimia seperti lektin lebih mudah bereaksi dalam jaringan sel darah AB.
Tipe AB harus menghindari kafein dan alkohol, terutama saat berada di dalam situasi stres. Karena asupan kafein ini ditakutkan bisa memicu rasa cemas berlebihan.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Jelang Bulan Puasa, Semua Pihak Upayakan Gencatan Senjata di Gaza

Jakarta, Mediaprospek.com – Meski gencatan senjata adalah langkah yang tidak disetujui Perdana Menteri Israel Benyamin …