Stadion Camp Mou milik klub Barcelona. (AFP via Getty Images/PAU BARRENA)

Sang Pemuncak Klasemen di Liga Spanyol Barcelona Saat Ini Didakwa Suap Wasit

Barcelona, Mediaprospek.com – Akhirnya dipastikan sudah bahwa Barcelona terdakwa melakukan suap kepada wasit oleh Kejaksaan Spanyol.

Ringkasnya, Barcelona dituding menyuap eks eks Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol (CTA) periode 1994-2018, Jose Maria Enriquez Negreira sebanyak 6,7 juta euro dalam rentang tahun 2001-2017.

Pembayaran berhenti usai Negreira tak lagi memegang jabatan di CTA pada 2018. Kasus ini mencuat berdasarkan penyelidikan pajak terhadap perusahaan milik Negreira.

Kejaksaan Spanyol lantas melakukan penyelidikan pada Mei 2022 kepada perusahaan Negreira, Dasnil 95 SL. Perusahaan ini yang menerima pembayaran dari Barcelona dan cuma dijalankan Negreira bersama putranya, Javier Enriquez.

Kantor Kejaksaan Spanyol mengajukan komplain terhadap Barcelona sebagai badan hukum. Los Cules dianggap melakukan korupsi karena pembayaran kepada Negreira.

Dikutip The Athletic, penyidik dari Kejaksaan Spanyol sudah menjatuhkan vonis resmi kepada Barcelona terkait kasus suap wasit tersebut.

Beberapa orang yang dinyatakan bersalah adalah Negreira , dua mantan presiden Barcelona Sandro Rosell (2010-2014) dan Josep Maria Bartomeu (2014-2020). Ada dua mantan pejabat eksekutif Oscar Grau dan Albert Soler.

Kejaksaan Spanyol menganggap Negreira sudah mempengaruhi wasit untuk membuat keputusan di laga-laga yang melibatkan Barcelona.

Barcelona sendiri belum mau berkomentar atas dakwaan tersebut. Yang pasti klub Catalan itu harus berurusan dengan pengadilan dalam waktu dekat ini.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Jelang Akhir Tahun, Ini Dia 10 Hp Android Terkencang Versi An Tu Tu

Mediaprospek.com – Sebagaimana diketahui, AnTuTu gemar membuat daftar smartphone (HP) Android kelas atas hingga menengah …