Timnas Indonesia. (Dok.PSSI)

Malam Ini, Timnas U20 Indonesia Vs Uzbekistan, Mau Menang? Ini Skenario Hasil Laga

Mediaprospek.com – Laga penentuan kelanjutan perjuangan Timnas U20 Indonesia akan digeber malam ini melawan tuan rumah Uzbekistan pada matchday terakhir Grup A Piala Asia 2023, di Stadion Istiqlol, Fergana, pada Selasa (7/3/2023) mulai pukul 21.00 WIB.

Sebelum melawan Uzbekistan, Indonesia mencatat satu kemenangan dan satu kekalahan pada dua laga pembuka Grup A Piala Asia U20 2023. Indonesia lebih dulu menelan kekalahan kala bersua Irak pada laga pertama, Rabu (1/3/2023).

Setelah itu, mereka bangkit dengan memetik kemenangan pada laga kedua melawan Suriah, Sabtu (4/3/2023). Hasil tersebut menempatkan Indonesia di peringkat ketiga klasemen Grup A Piala Asia U20 2023 dengan koleksi tiga poin dari dua laga.

Raihan poin mereka setara dengan Irak yang berada di peringkat kedua. Adapun posisi puncak klasemen masih diduduki oleh Uzbekistan yang mampu memenangi dua laga pembuka Grup A kontra Suriah dan Irak.

Dengan demikian, Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke perempat final atau 8 besar Piala Asia U20 2023.

Namun, anak-anak asuh Shin Tae-yong harus memetik hasil positif saat melawan Uzbekistan jika ingin melanjutkan perjuangan ke 8 besar.

Secara matematis, Indonesia harus mengalahkan Uzbekistan dengan selisih dua gol atau lebih, apabila di tempat lain Irak juga menang atas Suriah.

Dengan demikian, tiga tim Gup A yakni Uzbekistan, Indonesia, dan Irak sama-sama mengantongi 6 poin.

Klasemen mini akan dibuat berdasarkan rapor duel antara tiga tim itu untuk menentukan kelolosan.

Karena itu, kemenangan dengan margin lebih dari dua gol pada partai pamungkas akan mengantar Indonesia unggul head to head dan selisih gol dari Uzbekistan.

Jika anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Uzbekistan dengan selisih satu gol, kelolosan Garuda akan bergantung pada hasil laga lain, yakni Irak vs Suriah.

Indonesia akan lolos ke perempat final jika mengalahkan Uzbekistan dengan selisih satu gol, sedangkan Irak tidak bisa menang atas Suriah.

Lalu, skenario lain yang akan meloloskan Indonesia adalah ketika Suriah berhasil mengalahkan Irak, sedangkan Hokky Caraka dkk meraih hasil imbang kontra Uzbekistan.

Memetik poin dari laga kontra Uzbekistan bukan lah tugas mudah bagi timnas U20 Indonesia. Pasalnya, Uzbekistan merupakan salah satu tim yang memiliki penampilan konsisten pada dua laga pembuka fase grup Piala Asia U20 2023.

Uzbekistan juga menjadi salah satu dari dua tim yang belum kebobolan di fase grup.

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas U20 Indonesia menyadari kekuatan yang dimiliki Uzbekistan. Meski begitu, dia menjamin timnas U20 Indonesia akan tetap berupaya memberikan perlawanan terbaik.

“Memang secara keseluruhan skuad Uzbekistan sangat baik. Apalagi ada dukungan dari suporter mereka sendiri karena (bermain) home,” kata Shin Tae-yong menjelang pertandingan melawan Uzbekistan, dikutip dari Antara News.

“Walaupun begitu, kami akan melakukan permainan dengan baik karena kondisi pemain juga baik. kami akan menunjukkan yang terbaik di pertandingan melawan Uzbekistan,” ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga memohon dukungan dari publik sepak bola Indonesia agar skuad Garuda Muda bisa meraih kemenangan dan lolos ke perempat final.

“Ini pertandingan ketiga. Lawan Uzbekistan paling sulit, tetapi mohon dukungan para fans sepak bola Indonesia agar kita bisa dapatkan kemenangan,” tutur Shin Tae-yong.

Jadwal Timnas U20 Indonesia Vs Uzbekistan, Selasa, 7 Maret 2023 21.00 WIB

Pada hari dan jam yang sama, Piala Asia U20 2023 akan menyajikan satu laga lain di Grup A, yakni Irak vs Suriah.

Sebelum itu, rangkaian Piala Asia U20 2023 pada Selasa (7/3/2023) juga akan menyajikan dua pertandingan di Grup B adalah Qatar vs Australia dan Vietnam vs Iran.

Berdasarkan jadwal Piala Asia U20 2023, laga Qatar vs Australia dan Vietnam vs Iran bakal digelar secara bersamaan pada pukul 17.00 WIB.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Sudahkah Anda Mengonsumsi Susu Kurma Selama Ramadan? Ternyata Ini Manfaatnya

Mediaprospek.com – Sudah tak bisa dipungkiri lagi bahwa, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi saat berbuka …