Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, mengangkat trofi Piala Dunia. Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Perancis pada laga final yang digelar di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022). (AFP/JULIAN FINNEY)

Ini 6 Kandidat Nominasi Pelatih Terbaik Dunia 2022 Versi FIFA, Siapa Saja..

Mediaprospek.com – Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni yang berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Dunia 2022, masuk daftar nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2022, Kamis (9/2/2023) malam WIB.

Dia bersaing dengan dua pelatih kawakan lain yang namanya masyhur di level klub, yakni Carlo Ancelotti dan Josep “Pep” Guardiola.

Ketika memperkenalkan Lionel Scaloni sebagai salah satu kandidat pelatih terbaik 2022, FIFA secara khusus menyoroti kesaksian kapten timnas Argentina Lionel Messi.

Lionel Messi pernah memuji ketelitian Lionel Scaloni dalam menganalisis pertandingan dan menentukan detail taktis.

Menurut Lionel Messi, keberhasilan Argentina dalam menjuarai Piala Dunia 2022 tak lepas dari ketelitian seorang Lionel Scaloni.

“Dia tidak menyia-nyiakan kesempatan. Dia menunjukkan kepada Anda setiap detail dan kemudian itu terjadi,” kata Messi, dikutip dari laman resmi FIFA.

FIFA pun menyoroti ketenangan dan kewibawaan Lionel Scaloni sebagai pelatih timnas Argentina.

Scaloni disebut sebagai sosok penting yang mampu membangkitkan Argentina setelah takluk dari Arab Saudi pada laga pembuka Piala Dunia 2022 Qatar.

Setelah kekalahan dari Arab Saudi, Argentina justru tampil lebih bergairah hingga sukses meraih gelar juara dengan mengalahkan Perancis di partai puncak.

Berdasarkan data FIFA, Lionel Scaloni hanya merasakan satu kekalahan dalam 43 pertandingan terakhirnya sebagai pelatih Argentina.

Catatan apik itu sekaligus membawa Lionel Scaloni masuk ke dalam nomine pelatih terbaik FIFA 2022.

Namun, dia harus bersaing dengan Carlo Ancelotti dan Pep Guardiola yang memiliki segudang prestasi di level klub.

Pada 2022, Ancelotti berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, Liga Champions, dan Piala Super Eropa untuk Real Madrid.

Dia merupakan salah satu dari tujuh orang yang mampu menjuarai Liga Champions sebagai pemain dan pelatih.

Ancelotti memegang rekor tersebut bersama Miguel Munoz, Giovanni Trapattoni, Johan Cruyff, Frank Rijkaard, Pep Guardiola, dan Zinedine Zidane.

Sementara itu, Pep Guardiola juga tak kalah bersinar dengan raihan gelar juara Liga Inggris musim 2021-2022 bersama Manchester City.

Pencapaian tersebut sekaligus menambah koleksi trofi Pep Guardiola selama dirinya berkarier sebagai pelatih di sejumlah klub kenamaan Eropa.

Pep Guardiola tercatat telah mengoleksi 32 trofi dalam 13 musim sebagai pelatih Barcelona, Bayern Muenchen, dan Manchester City.

Daftar nomine pelatih terbaik FIFA 2022:

Pelatih Terbaik FIFA (Putra): 1.Carlo Ancelotti 2. Pep Guardiola 3. Lionel Scaloni

Pelatih Terbaik FIFA (Putri): 1.Sonia Bompastor 2.Pia Sundhage 3. Sarina Wiegman

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Donald Trump Terluka, Biden Mengutuk, Berikut Fakta-fakta Insiden Penembakan Itu

Jakarta, Mediaprospek.com – Sejumlah fakta pun terkonfirmasi terkait kandidat Presiden AS Donald Trump yang menjadi …