Ketua DPRD Kalsel H. Supian, HK saat memberikan keterangan persnya kepada para wartawan, Kamis, (26/01/23). (Foto/Fin)

H. Supian, HK Gelar Prasmanan Gratis untuk Ribuan Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul

Banjarmasin, mediaprospek.com – Ketua DPRD Kalsel H. Supian, HK, menyediakan makanan dan BBM gratis bagi lima ribu jemaah haul ke 18 Abah Guru Sekumpul di muka rumahnya di jalan Pemanjatan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Kamis, (26//1/23).

“Makanan ini saya sajikan dalam bentuk prasmanan dengan menu daging menjangan (rusa) masak habang yang baru dimasak, selain itu ada telur itik masak habang, daging ayam masak habang, 2 ribu biji durian, pisang dan ubi goreng dan lain-lainnya. Posko pelayanan makanan gratis haul ini dimulai dari pagi pukul 09.00 sampai tengah malam nanti. Di sini selain ada makanan gratis, saya siapkan juga pelayanan kesehatan, jika para jemaah yang pulang dari haul kesulitan mencari warung makan saat tengah malam bisa singgah untuk makan gratis dan memeriksa kesehatannya,” kata H. supian HK kepada wartawan.

 

H. Supian, HK saat memberikan BBM gratis satu liter untuk satu buah kendaraan bagi jemaah haul Abah Guru Sekumpul. (foto/Fin).

 

 

Kegiatan dapur umum seperti ini banyak digelar oleh masyarakat Kalimatan Selatan, seperti pada tahun-tahun sebelumnya sebelum masa covid-19. Pada tahun 2023 ini setelah masa PPKM dicabut, banyak masyarakat khususnya para santri mengusulkan ke DPRD Kalsel dan Pemda untuk dapat menggelar haulan. Setelah rapat antara para ulama setempat dengan Pemda, DPRD Kalsel, tokoh masyarakat dan para petinggi, akhirnya dapat disetujui oleh keluarga Abah Guru Sekumpul untuk dapat menggelar haulan yang difasilitasi oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Diketahui, haul ke 18 Al Alim al Allamah al Arif billah as Syaikh Muhammad Zaini bin al Arif Billah Abdul Ghani atau yang dikenal dengan sebutan Abah Guru Sekumpul digelar di rumah peribadi Gubernur H. Sahbirin di kampung Keramat kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar yang dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Momentum seperti ini dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat sehingga dapat meningkatkan PAD Kalsel.

“Oleh karenanya, kita sangat bangga dengan ada dua ulama di Kalsel yang sangat kharismatik, satu Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari dan kedua Guru Sekumpul. Kalau kita lihat sangat berdampak positif menggerakkan roda perekonomian Kalsel. Orang banyak mendapatkan penghasilan karenanya, UKM meningkat karena kedatangan para tamu dari luar daerah yang menginap hotel, banyaknya penyewaan tenda, pembuatan baliho, ini sangat menambahkan PAD kita yang ada di Kalsel,” terang H. Supian HK..

H. Supian juga mengingatkan agar para jemaah, walaupun covid-19 sudah dicabut PPKMnya, namun tetap harus mengedepankan protokol kesehatan, yaitu tetap cuci tangan dan memakai masker. “Kalau badan merasa panas, ya cepat saja ke dokter yang sudah disiapkan,” imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya yang sudah menyiapkan semua fasilitasnya, seperti dapur umum, wc, begitu juga tempat-tempat air dan tenda-tenda berteduh jikalau hujan.“Harapan kami semoga dipertemukan lagi di tahun-tahun yang akan datang. Jadi harus kita sukseskan acara haul ini,” tandasnya. (Ais/Mzr).

Loading

Check Also

Jelang Bulan Puasa, Semua Pihak Upayakan Gencatan Senjata di Gaza

Jakarta, Mediaprospek.com – Meski gencatan senjata adalah langkah yang tidak disetujui Perdana Menteri Israel Benyamin …