Ketua DPRD Kalsel H. Supian, HK saat memberikan keterangan persnya kepada para wartawan, Rabu, (25/01/23).(Foto/Fin)

Ketua DPRD Kalsel H. Supian, HK Sediakan Ribuan Makanan Gratis untuk Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul di Desa Pamajatan Gambut

Banjarmasin, mediaprospek.com -Dalam rangka menyambut haul ke 18 Al Alim al Allamah al Arif billah as Syaikh Muhammad Zaini bin al Arif Billah Abdul Ghani atau yang dikenal dengan sebutan Abah Guru Sekumpul, ketua DPRD Kalsel H. Supian, HK, besok Kamis pagi (26/01/23) akan menyediakan makanan gratis di muka rumahnya bagi para jemaah haulan yang melalui di jalan Pamajatan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

“Kita sudah mendirikan posko dapur umum untuk menyediakan makanan gratis tersebut dan haul Abah guru Sekumpul tahun ini akan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang sudah ditandai dengan keberadaan pasukan pengamanan presiden (Paspampres) di rumah peribadi Gubernur H. Sahbirin di kampung Keramat kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar” kata H. Supian, HK, saat jumpa pers dengan para wartawan di ruang kerjanya, Rabu, (25/01/23).

Pada haul-haul tahun sebelumnya sebelum masa covid-19, banyak masyarakat Kalsel yang menyediakan makanan dan BBM gratis di sepanjang jalan di Kalsel menuju Sekumpul Martapura untuk para jemaah yang berdatangan. Pada tahun ini salah satu tokoh Binuang di Kabupaten Tapin yang dikenal dengan sebutan H. Izai juga menyediakan ribuan makanan gratis selama satu minggu hingga 31 Januari.

Sebelumnya Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang akrab disapa paman Birin, dalam rapat persiapan haul abah Guru Sekumpul beberapa waktu lalu yang melibatkan para petinggi dan ulama serta tokoh masyarakat setempat, memfasiltasi untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan haul. Kelancaran arus lalu lintas juga menjadi perhatiannya, tidak hanya di darat tetapi juga bagi para jemaah yang menggunakan transportasi sungai telah disediakan pelabuhan terdekat.

“Pelabuhan yang dibuat itu hanya 200 meter dari kampung keramat telah disiapkan oleh Paman Birin. Pada jalur darat untuk arus kelancaran nantinya akan ada jalan yang ditutup dan dialihkan seperti di jalan Kandangan akan melalui jalan Margasari”, ujar H. Supian, HK.

Kafasitas tempat pelaksanaan haul di rumah peribadi gubernur tersebut dapat menampung 50 ribu jemaah. Selain itu dikarenakan juga banyaknya masyarakat yang telah menyiapkan lahan-lahan di sekitar tempat acara puncak. Sehingga lebih luas dari pada tempat di Ar Raudhah Sekumpul. Sedangkan untuk konsumsi para jemaah haul, Pemda dengan cara bergotong royong telah menyediakan 58 ekor sapi.

“Oleh karenanya, kita sangat bangga dengan ada dua ulama di Kalsel ini yang sangat kharismatik ini, satu Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari dan kedua Guru Sekumpul, seperti Madinah dan Mekkah. Kalau kita lihat ini sangat berdampak positif menggerakkan roda perekonomian Kalsel. Orang banyak mendapatkan penghasilan karenanya, UKM meningkat karena kedatangan para tamu yang menyewa hotel dari luar daerah, ini sangat menambahkan PAD kita yang ada di Kalsel,” terang H. Supian HK..

H. Supian juga mengingatkan agar para jemaah, walaupun covid-19 sudah dicabut PPKMnya, namun tetap harus mengedepankan protokol kesehatan, yaitu tetap cuci tangan dan memakai masker. “Kalau badan merasa panas, ya cepat saja ke dokter yang sudah disiapkan,” imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya yang sudah menyiapkan semua fasilitasnya, seperti dapur umum, wc, begitu juga tempat-tempat air dan tenda-tenda berteduh jikalau hujan.

“Harapan kami semoga dipertemukan lagi di tahun-tahun yang akan datang. Jadi harus kita sukseskan acara haul ini,” tandasnya. (Ais/Mzr).

Loading

Check Also

Dini Hari Nanti, Arsenal Vs Chelsea di Pekan ke-29 Liga Inggris, Berikut Laga Lainnya dan Klasemen

Mediaprospek.com – Sesuai jadwal, dini hari nanti di lanjutan Liga Inggris pekan ke-29, Arsenal akan …