Microsoft tak dukung Windows 7 dan 8. (Foto: Getty Images)

Usai Chrome, Mulai 10 Januari 2023, Microsoft Hentikan Dukungan pada Windows 7 dan 8

Jakarta, Mediaprospek.com – Kabar kurang mengenakkan datang dari Microsoft, mulai pada 10 Januari 2023, Microsoft akan menghentikan dukungan untuk dua sistem operasi Windows 7 dan 8.

Meskipun pengguna yang menjalankan Windows 7 dan Windows 8 di perangkatnya masih bisa menggunakan sistem operasi tersebut, akan tetapi Microsoft tidak akan menyediakan update keamanan dan dukungan teknis.

Tidak hanya itu, Microsoft juga akan berhenti merilis update untuk browser Edge di Windows 7 dan Windows 8 mulai 12 Januari 2023.

Microsoft Edge 109 akan menjadi versi terakhir yang mendukung dua sistem operasi tersebut.

Edge bukan satu-satunya browser ternama yang akan cabut dari Windows 7 dan Windows 8.

Pada Oktober lalu, Google mengumumkan Chrome akan menyetop dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8 pada 7 Februari 2023, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (4/1/2023).

Kedua browser itu masih tetap bisa digunakan di Windows 7 dan Windows 8, tapi tidak akan menerima update keamanan penting atau fitur baru.

Dukungan untuk WebView 2, tools yang bisa membuat Edge menampilkan laman web di luar browser juga berhenti mendapatkan dukungan pada 10 Januari 2023.

Windows 7 dan Windows 8 sebenarnya sudah beberapa kali mendapatkan perpanjangan nyawa.

Microsoft awalnya menyetop dukungan untuk Windows 7 pada Januari 2015, tapi kemudian diperpanjang hingga Januari 2020, dan kembali diperpanjang karena penggunanya masih banyak.

Sementara itu Windows 8 disetop dukungannya pada Januari 2018, dan setelah itu juga menerima perpanjangan.

Windows 7 dan Windows 8 sendiri usianya sudah satu dekade lebih, sehingga wajar jika Microsoft mencabut dukungannya dan fokus ke Windows 11.

Meski usianya sudah uzur, Windows 7 dan Windows 8 masih terbilang populer. Studi tahun 2021 menemukan masih ada sekitar 100 juta perangkat yang menjalankan Windows 7.

Padahal dari hasil survei Lansweeper yang dilakukan Oktober lalu juga menemukan lebih banyak perangkat yang menjalankan Windows XP, Windows 7, dan Windows 8 ketimbang Windows 11.

Jika kalian masih menjalankan Windows 7 dan Windows 8, ada baiknya segera upgrade ke Windows 10 atau Windows 11.

Tapi jika tidak memungkinkan, Microsoft menyarankan untuk mengganti perangkat dengan yang lebih baru sebelum 10 Januari untuk menghindari masalah keamanan.

(mzr/dtc)

Check Also

Selisih 13 Poin dengan Inter Milan, Napoli Tak Terkejar di Puncak Klasemen Liga Italia

Mediaprospek.com – Berdasarkan akhir laga Liga Italia di pekan ke-21, Napoli semakin tak terkejar dengan …