Antoine Griezmann dalam pertandingan penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 Tunisia vs Perancis di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Rabu(30/11/2022)(AP PHOTO/FRANK AUGSTEIN)

Perancis Vs Argentina: Ternyata Sang Ayah Antoine Griezmann Tak Heran dengan Kemampuan Anaknya di Posisi Gelandang

Mediaprospek.com – Tidaklah mengherankan, bintang timnas Perancis, Antoine Griezmann, ternyata sudah terbiasa bermain sebagai gelandang sejak muda sebelum tampil apik pada Piala Dunia 2022.

Hal itu pula yang disampaikan sang ayah Antoine Griezmann, Alain, pasca timnas Perancis mengunci tiket semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Alain bahkan menyebut Griezmann seperti memiliki tiga paru-paru atau nafas panjang layaknya seorang gelandang pengangkut air.

Diketahui sebelumnya, Timnas Perancis melangkah ke final Piala Dunia 2022 setelah melibas Maroko dua gol tanpa balas pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Dan, Griezmann memang tidak memberi kontribusi langsung terhadap dua gol kemenangan Perancis yang dicetak oleh Theo Hernandez (5′) dan Kolo Muani (79′). Namun, Griezmann dinobatkan sebagai man of the match atau pemain terbaik laga karena penampilan solidnya mengawal lini tengah Perancis.

Posisi natural bintang milik Atletico Madrid itu sebenarnya adalah penyerang entah itu winger, second striker, atau striker tengah. Namun, Griezmann saat ini tampak semakin bermain menjalani peran gelandang tengah di belakang striker utama Perancis, Olivier Giroud.

Sebagai seorang gelandang, tugas Griezmann tentu saja bukan hanya membantu serangan melainkan juga membantu tim bertahan. Pada laga

kontra Maroko, Griezmann adalah sosok penentu keberhasilan Perancis mencetak gol pertama. Mantan pemain Real Sociedad itu sukses membuka ruang di sisi kanan kotak penalti Maroko, kemudian mengirim umpan silang ke Kylian Mbappe, hingga akhirnya tercipta gol pasca terjadi kemelut di kotak penalti.

Soal bertahan, Griezmann tercatat sukses memenangi enam duel lapangan dan melancarkan dua tekel sukses.

Dikutip dari Opta, pemain berusia 31 tahun itu juga melakukan 101 pressing sepanjang pertandingan kontra Maroko. Itu adalah jumlah pressing tertinggi yang dilakukan pemain timnas Perancis sepanjang Piala Dunia 2022.

Hingga semifinal Piala Dunia 2022, Griezmann juga tercatat sudah mengoleksi tiga assist, terbanyak di antara pemain timnas Perancis lainnya.

Statistik itu sejalan dengan kinerja Griezmann yang tercatat sudah membuat 21 peluang untuk timnas Perancis hingga semifinal Piala Dunia 2022.

Angka itu menjadikan Griezmann pemain yang paling banyak menciptakan peluang di Piala Dunia 2022 mengalahkan kapten timnas Argentina, Lionel Messi (18).

Berbagai data di atas sudah cukup menjadi gambaran bagaimana peran penting Griezmann dalam permainan timnas Perancis. Mantan pemain Barcelona itu menjadi roh serangan timnas Perancis lewat visi bermain dan juga orang pertama yang berusaha merebut bola ketika Perancis sedang bertahan.

Terkait keberhasilan Griezmann menjalani peran baru sebagai gelandang pada Piala Dunia 2022, Alain tidak kaget. Alain mengaku sudah mengetahui bahwa Griezmann memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya sejak lama.

“Apakah saya menemukan kembali putra saya? Ya, dia menjalani peran berbeda sekarang,” kata Alain dikutip dari Maxifoot.

“Di Macon, ketika Griezmann masih muda, dia bermain di lini tengah. Dia kemudian ditempatkan sebagai striker saat dewasa,” ucap Alain.

“Saya tidak terkejut. Dia adalah anak yang mampu melihat permainan sebalum orang lain. Dia sudah tahu kapan akan membagi bola begitu menerimanya,” ujar Alain.

“Griezmann memiliki tiga paru-paru, dia berlari, dia melakukan tekel. Itu sangat membatu dan meringankan kinerja tim,” tutur Alain menambahkan.

Terkait peran baru Griezmann, Didier Deschamps selaku pelatih timnas Perancis sempat buka suara. Didier Deschamps sangat puas dengan kinerja Griezmann karena selalu ikut terlibat ketika timnas Perancis bertahan.

“Dia adalah tipe pemain yang mampu mengubah tim. Dia pekerja keras dan sangat berbakat secara teknik,” ujar Deschamps dikutip dari FIFA.

“Griezmann menjalani peran berbeda pada Piala Dunia 2022. Namun, itu cocok untuk dia. Dia suka membantu bertahan sama seperti menyerang dan menjadi seorang playmaker,” ucap Deschamps.

“Tentu saja tanggung jawab utama Griezmann bukan merebut bola. Namun, dia sangat baik saat bertahan dan selalu memprioritaskan tim. Dia juga menciptakan peluang untuk pemain lain,” tutur Deschamps.

Griezmann dan timnas Perancis akan menghadapi Argentina pada final Piala Dunia 2022 Qatar. Pertandingan Argentina vs Perancis akan dihelat di Lusail Stadium, Doha, Qatar, pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Donald Trump Terluka, Biden Mengutuk, Berikut Fakta-fakta Insiden Penembakan Itu

Jakarta, Mediaprospek.com – Sejumlah fakta pun terkonfirmasi terkait kandidat Presiden AS Donald Trump yang menjadi …