Penyerang Argentina Julian Alvarez merayakan gol dengan Lionel Messi pada semifinal Piala Dunia 2022 Qatar antara Argentina vs Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada Rabu 14 Desember 2022 dini hari WIB.(AFP/PAUL ELLIS)

Hasil Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar: Argentina ke Final Usai Tekuk Kroasia 3-0

Mediaprospek.com – Akhirnya Timnas Argentina berhasil melangkah ke final Piala Dunia 2022 seusai menumbangkan Kroasia dengan skor 3-0 dalam babak semifinal, di Stadion Lusail, Doha, Qatar, pada Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Tak dipungkiri, kali ini Lionel Messi tampil lebih cemerlang yang diikuti Julian Alvarez yang berkontribusi besar untuk kemenangan Argentina atas Kroasia.

Messi berhasil mencatatkan satu gol melalui titik putih pada menit ke-34 serta satu assist buat gol yang diciptakan oleh Julian Alvarez (69’).

Torehan masing-masing satu gol dan satu assist membuat Messi mengemas dua rekor sekaligus di Piala Dunia. Lionel Messi menjadi pencetak gol terbanyak Argentina di Piala Dunia dengan raihan 11 gol.

Ia sekaligus melewati pencapaian milik Gabriel Batistuta (10 gol). Selain itu, Messi juga sejajar dengan pemain ikonik Argentina, Maradona, sebagai pembuat assist terbanyak di Piala Dunia. Keduanya sudah menorehkan delapan assist.

Sedangkan Julian Alvarez, pemain milik Manchester City itu tampil cemerlang. Ia berhasil menorehkan brace atau dua gol pada menit ke-39 dan 69. Dengan demikian, Argentina dipastikan menang 3-0 atas Kroasia dan berhak menembus final Piala Dunia 2022.

Ulasan pertandingan

Gol peratama terjadi awalnya, Julian Alvarez dilanggar di kotak terlarang oleh kiper Kroasia, Dominik Livakovic pada menit ke-32. Oleh karena itu, Argentina mendapatkan hadiah penalti dari wasit yang mengawal jalannya pertandingan.

Lionel Messi lalu maju sebagai algojo. La Pulga berhasil menjalankan tugasnya dengan baik buat mengantarkan Argentina unggul 1-0 atas Kroasia.
Sumbangan satu gol itu membuat Messi sudah menorehkan 11 gol di Piala Dunia. Artinya, dia telah menjadi pencetak gol terbanyak Argentina di World Cup.

Kepastian itu didapat seusai Lionel Messi melewati pencapaian milik Gabriel Batistuta yang mengemas 10 gol di Piala Dunia.

Selang beberapa menit, Argentina kembali mencetak gol. Kali ini melalui aksi solo run Julian Alvarez.

Saat itu, Julian Alvarez menerobos masuk jantung pertahanan Kroasia buat menjebol gawang yang dijaga Dominik Livakovic pada menit ke-39.
Keberhasilan itu sekaligus membuat Argentina menutup pertandingan babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Kroasia.

Berlanjut ke babak kedua, Messi melakukan kerjasama apik di dalam kotak penalti Kroasia. Ia lalu melepaskan tendangan dengan kaki kiri. Kiper Dominik Livakovic berada di posisi tepat, sehingga dapat menghalau bola hasil tendangan Lionel Messi pada menit ke-58.

Memasuki menit ke-69, Lionel Messi melakukan penetrasi dari sisi kanan. Ia lantas memberikan umpan pendek kepada Julian Alvarez. Julian Alvarez tidak mau menyia-nyiakan peluang. Ia langsung merobek gawang Kroasia buat menambah keunggulan Argentina menjadi 3-0.

Tidak ada gol lagi tercipta. Situasi itu membuat Argentina dipastikan menang 3-0 atas Kroasia dan melaju ke babak final Piala Dunia 2022.

Susunan pemain

Argentina: 23-Emiliano Martinez; 3-Nicolas Tagliafico, 19-Nicolas Otamendi, 13-Cristian Romero, 26-Nahuel Molina (2-Juan Foyth 86′); 20-Mac Allister (15-Angel Correa 86′), 24-Enzo Fernandez, 5-Leandro Paredes (25-Lisandro Martinez 62’), 7-Rodrigo De Paul (14-Palacios 74’), 9-Julian Alvarez (21-Paulo Dybala 75’), 10-Lionel Messi.

Pelatih: Lionel Scaloni.

Kroasia: 1-Dominik Livakovic, 19-Borna Sosa (18-Mislav Orsic 46’), 20-Josko Gvardiol, 6-Dejan Lovrem, 22-Josep Juranovic; 8-Mateo Kovacic, 11-Marcelo Brozovic (16-Bruno Petkovic 50’), 10-Luka Modric (7-Lovro Majer 81’); 4-Ivan Perisic, 9-Andrej Kramaric (14-Marko Livaja 72’), 15-Mario Pasalic (13-Nikola Vlasic 46’).

Pelatih: Zlatko Dalic.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Yuk! Cek Tarif Listrik Terbaru dari PLN yang Mulai berlaku Awal Agustus 2024

Mediaprospek.com – Jelang akhir Juli 2024, kembali lagi Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya …