Ekspresi kesedihan penyerang Brasil, Neymar (2 dari kanan), serta rekan-rekannya setelah kalah adu penalti dari Kroasia pada perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al-Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022).(AFP/NELSON ALMEIDA)

Kutukan Rangking 1 Dunia Tak Pernah Juara Piala Dunia Terjadi Lagi di Laga Brasil Vs Kroasia

Mediaprospek.com – Datang ke Qatar dengan status ranking satu dunia dan favorit juara, Timnas Brasil harus menelan pil pahit hingga tersingkir sebelum ke final Piala Dunia 2022 Qatar.

Ini sekaligus juga membuktikan bahwa, kutukan ranking 1 dunia tak pernah juara Piala Dunia ternyata masih berlaku.

Brasil menjadi korban terbaru yang membuat mereka harus melupakan mimpi meraih gelar keenam Piala Dunia. Ya, langkah Brasil di Piala Dunia 2022 terhenti pada babak perempat final.

Kroasia menjadi penjegal raksasa sepak bola dunia tersebut. Dalam laga delapan besar di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB, Brasil kalah lewat adu penalti.

Padahal, tiket semifinal sudah sempat di genggaman setelah Neymar menjebol gawang Kroasia pada babak pertama perpanjang waktu, tepatnya menit ke-105+1.

Namun pada 15 menit kedua perpanjangan waktu, Kroasia bisa membalas. Pemain pengganti, Bruno Petkovic, menjebol gawang Alisson pada menit ke-117 yang membuat skor imbang 1-1 selama 120 menit.

Alhasil, adu penalti menjadi penentu siapa yang berhak lolos ke semifinal. Kroasia kembali membuktikan kapasitasnya sebagai raja adu penalti di Piala Dunia karena mampu melewati hadangan Brasil dengan kemenangan 4-2.

Penjaga gawang Dominik Livakovic menahan bola tendangan Rodrygo yang menjadi eksekutor pertama Brasil. Marquinhos pun gagal mencetak gol karena bola tendangannya membentur tiang.

Ini menjadi kemenangan keempat Kroasia di pentas Piala Dunia lewat drama adu penalti. Artinya, Luka Modric dkk menorehkan rekor 100 persen karena selalu menang dalam empat kesempatan tersebut.

Terlepas dari kehebatan Kroasia dalam hal adu penalti, ada statistik yang menarik dari fakta tersebut.

Squawka mencatat, sejak ranking FIFA diperkenalkan pada 1992, tim yang datang ke Piala Dunia dengan status nomor 1 dunia selalu gagal juara.

Brasil menjadi korban terbaru. Neymar dkk saat ini menempati ranking 1 dunia dan disingkirkan Kroasia yang ada di peringkat ke-12 FIFA.

Daftar juara Piala Dunia dan Rangking 1 yang berdasarkan FIFA diperkenalkan pada 1994:

Piala Dunia 1994: Brasil — Jerman ranking 1 dunia
Piala Dunia 1998: Perancis — Italia ranking 1
Piala Dunia 2002: Brasil — Belgia ranking 1
Piala Dunia 2006: Italia — Brasil ranking 1
Piala Dunia 2010: Spanyol — Italia ranking 1
Piala Dunia 2014: Jerman — Spanyol ranking 1
Piala Dunia 2018: Perancis — Brasil ranking 1
Piala Dunia 2022: ??? — Brasil ranking 1

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Hari Ini Puncak Haji dan Wukuf di Padang Arafah

Jakarta, Mediaprospek.com – Mulai hari ini, jemaah haji sedang bersiap memasuki puncak haji 2024 dengan …