Aksi Son Heung-min (7) dalam laga Grup H Piala Dunia 2022 antara Korea Selatan vs Ghana di Education City Stadium, Al-Rayyan, Doha, Qatar, 28 November 2022. (AFP/KHALED DESOUKI)

Di Grup H Piala Dunia, Ghana Naik ke Posisi 2 Usai Tekuk Korea Selatan dengan Skor Akhir 3-2

Al Rayyan, Mediaprospek.com – Bertambah harapan Timnas Ghana untuk lolos ke babak 16 besar usai menaklukkan Korea Selatan dalam laga seru pada grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Senin (28/11/2022) malam WIB.

Secara keseluruhan, Korea mulanya menguasai permainan, tapi Ghana unggul dua gol di babak pertama lewat Mohammed Salisu dan Mohammed Kudus pada menit ke-24 dan 34.

Dengan hasil ini, Ghana naik ke posisi dua Grup H dengan tiga poin dari dua laga, kalah selisih gol dari Portugal yang baru saja mengalahkan Uruguay, sedangkan Korea Selatan terbenam di dasar klasemen dengan satu poin.

Jalannya Laga

Korea mengambil inisiatif permainan selepas kick-off. Namun Ghana bermain tenang untuk mencegah lawannya itu mengirim bola ke dalam kotak penalti mereka.

Banyak ditekan, Ghana malah mencuri keunggulan pada menit ke-24. Dari umpan lambung di kiri, bola yang gagal dihalau Korea disambar Mohammed Salisu.

Video Assistant Referee (VAR) sempat mengecek gol itu atas potensi terjadinya handball oleh Andrew Ayew. Namun pada akhirnya gol tetap disahkan.

Korea terus berupaya mendesak Ghana. Sebaliknya Ghana mulai lebih percaya diri dengan bola dan aliran umpannya berjalan baik.

Ghana mencetak gol kedua pada menit ke-34, dari arah yang sama dengan gol pertama. Umpan lambung Jordan Ayew ditanduk Kudus yang lolos dari pengawalan di depan gawang.

Korea melakukan serangan cepat pada menit ke-38. Son Heung-min menyodorkan bola ke Kim Young-kwon dan dituntaskan dengan tembakan keras dari luar kotak penalti namun berakhir di atas mistar gawang. Belakangan diketahui Son dalam posisi offside.

Skor tak berubah lagi sampai babak pertama selesai.

Korea Selatan bermain lebih agresif di babak kedua. Sundulan Cho Gue-sung masih bisa diamankan oleh kiper Ghana Lawrence Ati-Zigi.

Korea menipiskan ketertinggalan pada menit ke-58. Umpan silang Lee Kang-in ditanduk Cho Gue-sung yang memenangi duel dengan bek Ghana.

Korea menyamakan skor tiga menit berselang lagi-lagi lewat Cho. Kali ini Kim Jin-su yang mengirim umpan dari kiri ke tiang jauh dan Cho tak terkawal menyundul bola.

Namun, Kudus mengembalikan keunggulan timnya pada menit ke-68. Umpan silang Gideon Mensah luput ditendang Inaki Williams, tapi mengarah ke Kudus dan diselesaikan dengan sepakan kaki kiri ke dalam gawang.

Korea menebar ancaman. Eksekusi tendangan bebas Lee Kang-in pada menit ke-75 mengarah ke pojok kanan bawah gawang, tapi masih bisa ditepis Ati-Zigi.

Semenit berselang, tembakan Kim Jin-su dari jarak dekat mengarah ke gawang. Salisu berada di posisi tepat untuk menghalau bola!

Jin-su kembali mendapatkan kesempatan pada menit ke-84. Menerima umpan silang dari kanan, sepakannya melesat ke atas gawang.

Korea mendesak Ghana memasuki injury time. Cho mendapatkan kesempatan pada menit ke-95, namun bisa dihentikan Ati-Zigi. Peluang lain dua menit kemudian, lagi-lagi Ati-Zigi beraksi.

Hingga peluit panjang berbunyi, Korea tak berhasil menyelamatkan poin.

Susunan pemain:

Korea Selatan: Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae (Kwon Kyung-won 92′), Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Hwang In-beom, Jung Woo-young (Hwang Ui-jo 79′); Kwon Chang-hoon (Lee Kang-in 58′), Jeong Woo-yeong (Na Sang-ho 46′), Son Heung-min; Cho Gue-sung

Ghana: Lawrence Ati-Zigi; Tariq Lamptey (Denis Odoi 79′), Daniel Amartey, Mohammed Salisu, Gideon Mensah (Abdul Rahman Baba 88′); Thomas Partey, Salis Abdul Samed, Mohammed Kudus (Alexander Djiku 83′); Andre Ayew (Daniel-Kofi Kyereh 79′), Inaki Williams, Jordan Ayew (Sulemana 79′)

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Sepeda Listrik Marak Versus Motor Listrik yang Wajib Ber-STNK

Jakarta, Mediaprospek.com – Fenomena baru terjadi, sepeda listrik sekarang digemari masyarakat Indonesia yang keberadaannya mulai …