Ketua DPRD Kalsel H. Supian, HK (no 2 dari kanan) didampingi Suripno Sumas dan Plt. Sekwan M. Zaini saat menerima kunjungan silaturahmi Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK (no dua dari kiri), di Banjarmasin, Sabtu (3/9/22). (Foto/Mzr)

Ketua DPRD Kaltim : Kalsel sebagai Penyangga Utama IKN diharapkan Tingkatkan Kualitas Produksi

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dalam rangka persiapan sebagai ibukota negara (IKN) pada tanggal 9 September nanti Kaltim akan menggelar groundbreaking yang akan dihadiri oleh presiden Jokowi dan 34 provinsi di Indonesia.

“Kalsel dalam hal ini sangat mendukung karena kegiatan tersebut nantinya akan meningkatkan perekonomian Kalimantan Selatan. Peranan Kalsel sendiri sebagai penyangga IKN adalah hasil pertanian dan perikanan,” kata Ketua DPRD Kalsel DR (HC) H. Supian, HK saat menerima kunjungan Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK di ruang tamunya, Sabtu, (3/9/22) siang di Banjarmasin.

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, mengatakan Kalsel merupakan penyangga utama IKN sehingga diharapkan dapat mempersiapkan SDMnya dan meningkatkan kualitas semua produksinya.

“Jadi kita bukan hanya sekedar membangun IKN saja tetapi pembangunan itu harus berdampak pada kesejahteraan seluruh rakyat Kalimantan,” jelasnya.

Menurutnya, alasan Kalsel dipilih sebagai penyangga utama dikarenakan Kalsel terkenal dengan pangannya. Oleh karenanya, Kalsel harus memanfaatkan seluruh potensi yang ada untuk mendukung IKN ini,” ujarnya.

“Harapan kita peluang inilah yang paling penting untuk dimanfaatkan Kalsel, jangan sampai diambil oleh yang lain, yang bukan berarti daerah lain tidak boleh, selain itu karena komunikasi selama ini sudah cukup lama berjalan,” imbuhnya.

“Coba selama ini kita lihat hasil-hasil pertanian dan mebeler Kalsel sudah memasuki Kaltim. Seperti meja, kursi, unggas dan lain sebagainya,” terangnya.

“Dengan terciptanya sinergitas dengan semua provinsi tetangga termasuk Sulawesi barat, maka nantinya pusat akan melihat apa-apa yang harus dibangun selanjutnya, seperti pembangunan jalur rel kereta api dan memuluskan jalan trans Kalimantan,” tambahnya.

“Kita jangan sampai ketinggalan dengan daerah lain, termasuk membangun budaya dan adat istiadat setempat, artinya membangun Kalimantan secara menyeluruh, sehingga masyarakat pedalaman juga ikut menikmati pembangunan,” tandasnya.

“Oleh karenanya kita harus membangun tekad, semangat dan mengambil peluang ini serta membuktikan bahwa kita mampu membangun IKN ini dengan kebersamaan,” tutupnya. (Ais/Mzr).

Loading

Check Also

Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Hengkang dari Wilayah Palestina

Mediaprospek.com – Kembali, pengadilan tertinggi PBB pada Jumat (19/7/2024) memutuskan, pendudukan Israel atas wilayah Palestina …