Penyerang Jerman, Miroslav Klose, merayakan golnya ke gawang Brasil, pada semifinal Piala Dunia, di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Selasa (8/7/2014). (ADRIAN DENNIS / AFP)

Piala Dunia 2022 Qatar: 5 Rekor Piala Dunia yang Sulit untuk Dipecahkan, Ini Rangkumannya Versi Kompas.com

Mediaprospek.com – Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember mendatang yang bakal menjadi edisi ke-22 dari turnamen sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Dan, sepanjang sejarah penyelenggaraannya, Piala Dunia FIFA telah dihiasi berbagai rekor. Bahkan, beberapa rekor yang tercipta akan sangat sulit untuk dipecahkan.

Piala Dunia FIFA kali pertama digelar di Uruguay pada 1930. Tuan rumah Uruguay tampil sebagai juara setelah mengalahkan Argentina di final.

Adapun, juara Piala Dunia edisi terakhir di Rusia pada 2018 adalah Perancis yang menaklukkan Kroasia pada partai puncak.
Hingga saat ini, Brasil memegang rekor sebagai tim yang paling sering menjuarai Piala Dunia. Brasil tercatat lima kali memenangi Piala Dunia FIFA yaitu pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Selain rekor juara terbanyak yang dipegang Brasil, masih ada rekor-rekor lainnya yang menghiasi sejarah penyelenggaraan Piala Dunia. Bahkan, beberapa rekor tersebut akan sangat sulit disamai atau dipecahkan pada masa mendatang.

Berikut Kompas.com merangkum lima rekor Piala Dunia yang akan sulit untuk dipecahkan.

1. Rekor Jumlah Penonton Terbanyak

Hingga saat ini, rekor jumlah penonton terbanyak untuk satu pertandingan Piala Dunia tercipta pada final edisi 1950 yang mempertemukan tuan rumah Brasil dengan Uruguay.

Kala itu, laga Brasil vs Uruguay yang digelar di Stadion Maracana tercatat dihadiri oleh 173.830 penonton. Uruguay menjadi tim yang berhak mengangkat trofi Jules Rimet usai mengalahkan Brasil dengan skor 2-1.

Dengan kapasitas stadion modern yang tidak sebesar pada waktu itu, rekor jumlah penonton tersebut akan sangat sulit dipecahkan.

2. Rekor Pelatih Termuda

Rekor pelatih termuda di Piala Dunia dipegang oleh Juan Jose Tramutola yang menangani timnas Argentina pada usia 27 tahun di Piala Dunia 1930.

Ketika Juan Jose Tramutola memimpin timnas Argentina melawan Perancis pada laga pertama Piala Dunia edisi perdana tersebut, ia baru berusia 27 tahun 267 hari.

3. Rekor Gol

Ada tiga rekor gol Piala Dunia yang tampaknya akan sangat sulit dipecahkan pada masa mendatang yaitu jumlah gol dalam satu pertandingan, jumlah gol dalam satu edisi turnamen, dan rekor gol tercepat.

Rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan Piala Dunia tercipta atas nama Oleg Salenko (Rusia) ketika ia mencetak lima gol ke gawang Kamerun pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Sementara itu, rekor gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia dipegang oleh legenda timnas Perancis, Just Fontaine, yang membukukan 13 gol di Piala Dunia 1958.

Adapun, rekor gol tercepat di Piala Dunia dicetak oleh mantan striker timnas Turki, Hakan Sukur, yang mampu menjebol gawang Korea Selatan dalam waktu 10,8 detik selepas kick-off pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2002.

4. Top Skor Sepanjang Masa

Striker legendaris Jerman, Miroslav Klose, adalah top skor sepanjang masa Piala Dunia dengan 16 gol yang ia cetak dalam empat edisi yaitu 2002, 2006, 2010, dan 2014.

Pemain aktif yang catatan gol Piala Dunia-nya mendekati Klose adalah Thomas Mueller dengan 10 gol.

5. Rekor Kemenangan Beruntun

Brasil adalah tim pemegang rekor kemenangan beruntun terpanjang di Piala Dunia. Tim Samba berhasil membukukan 11 kemenangan beruntun dari Piala Dunia 2002 hingga Piala Dunia 2006.

Catatan 11 kemenangan tanpa henti yang diukir Brasil itu termasuk ketika mereka mengalahkan Jerman 2-0 pada final Piala Dunia 2002. Rekor 11 kemenangan beruntun timnas Brasil itu terhenti ketika mereka kalah dari Perancis pada perempat final Piala Dunia 2006.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Hengkang dari Wilayah Palestina

Mediaprospek.com – Kembali, pengadilan tertinggi PBB pada Jumat (19/7/2024) memutuskan, pendudukan Israel atas wilayah Palestina …