Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel yang mengikuti Bimtek di Yogyakarta berfoto bersama dengan Jajaran Kemendagri, Selasa, (28/6/2022). (Foto/humasdprdkalsel)

Tingkatkan Kafasitas, Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel Ikuti Bimtek di Yogyakarta

Yogyakarta, mediaprospek.com –Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas hasil kerjasama Sekretariat DPRD Kalsel dengan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Regional Yogyakarta. Kegiatan dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan wawasan sebagai wakil rakyat.

Bimtek yang dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 27 hingga 30 Juni 2022 bertempat di El Hotel Royale Yogyakarta dengan materi antara lain, Reformasi Birokrasi Indonesia dan Meneguhkan Integritas oleh Roro Khasan dari BPSDM Kemendagri, dan Kebijakan Pengembangan SDM Penyelenggara Pemerintah Daerah oleh Kepala PPSDM Yogyakarta Ir. R. Agus Iriawan, MP.

“Dengan berbagai materi yang telah disiapkan, saya mengharap ke depannya apa-apa yang didapat dari Bimtek bisa meningkatkan kinerja baik oleh teman-teman anggota dewan maupun juga teman-teman di Setwan”, kata Wakil Ketua DPRD Kalsel M. Syaripuddin, dalam sambutannya pada acara pembukaan bimtek, Selasa, (28/6/2022).

Pada kesempatan itu, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) yang akrab disapa Bang Dhien ini juga menyambut baik dan menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan fasilitasi yang diberikan PPSDM Yogyakarta.

Kepala Pusat II BPSDM Kemendagri Dr. Dra. Rochayati Basra, MPd, yang membuka secara resmi bimtek tersebut menekankan, ada tiga hal penting terkait pemimpin. Pertama pemimpin harus punya konsep, kedua harus punya power (kekuatan), dan ketiga follower (pengikut).

“Bapak ibu anggota dewan adalah pemimpin. Pemimpin harus punya konsep, punya power, dan follower. Kalau tidak memiliki yang tiga ini tidak mungkin bapak ibu ada di sini sekarang,” ujarnya.

Disamping itu, wanita yang biasa dipanggil Roro Khasan ini menambahkan, setiap anggota dewan harus punya mentalitas, prinsip dan integritas. “Ini yang sangat penting.” tandasnya.

Roro berharap, kegiatan bimtek ini juga dapat meningkatkan pemahaman anggota dewan akan tugas dan fungsinya sehingga bisa mengimbangi eksekutif.

Sementara, Plt. Sekretaris DPRD Kalsel Muhammad Zaini, MAP, selaku ketua panitia bimtek mengatakan, pelaksanaan bimtek ini berdasarkan rencana kerja DPRD Kalsel TA 2022. Dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota DPRD Kalsel dalam hal penanganan tugas dan kewenangannya. (Mzr/Hrm).

Loading

Check Also

Sepeda Listrik Marak Versus Motor Listrik yang Wajib Ber-STNK

Jakarta, Mediaprospek.com – Fenomena baru terjadi, sepeda listrik sekarang digemari masyarakat Indonesia yang keberadaannya mulai …