Pemain Timnas Spanyol saat merayakan kemenangan atas Republik Ceko (Foto: Getty Images/Fran Santiago)

Spanyol Geser Portugal di Puncak Klasemen Grup 2 UEFA Nations League, Usai Tekuk Republik Ceko

Malaga, Mediaprospek.com – Kali ini keberuntungan menghampiri Spanyol yang mampu mengalahkan Republik Ceko 2-0 di Estadio La Rosaleda pada laga League A Grup 2 UEFA Nations League, Senin (13/6/2022) dini hari WIB.

Tuan rumah Spanyol tampil dominan sejak awal laga hingga tercipta dua gol La Furia Roja yang lahir dari kaki Carlos Soler dan Pablo Sarabia.

Meski demikian Ceko sempat mencuri peluang pada menit ke-18 melalui Vaclav Cerny. Namun, sepakan mendatarnya menerima umpan dari Tomas Soucek masih bisa dibendung Unai Simon.

Dua menit berselang, Simon kembali beraksi menyelamatkan gawang La Furia Roja. Ia bisa mengamankan tembakan Jan Kuchta dari sudut sempit.

Tersentak oleh dua peluang Ceko. Spanyol berusaha merespon.

Hasilnya mereka bisa bikin gol pada menit ke-24. Umpan taruk Marco Asensio dari sisi kanan kotak penalti bisa disambar dengan baik oleh Carlos Soler.

Kombinasi Asensio dan Soler kembali menghadirkan bahaya pada menit ke-28. Asensio melepas umpan terobosan untuk Soler yang muncul dari belakang. Namun, usaha Soler kali ini belum membuahkan hasil karena masih melebar.

Tak ada gol tembahan yang tercipta hingga turun minum. Skor 1-0 untuk Spanyol menutup babak pertama.

Selepas jeda, kesalahan Dani Carvajal hampir saja harus dibayar mahal. Bola bisa dikuasai Jakub Pesek. Tembakan lob Pesek tapi masih melebar.

Spanyol setelahnya mengendurkan serangan. Gavi mencoba lewat tembakan dari tepi kotak penalti pada menit ke-71. Percobaannya masih bisa diredam kiper Ceko, Ales Mandous.

Spanyol bisa menggandakan keunggulan di menit ke-75. Bermula dari aksi Gavi di lini tengah, ia melepas umpan ke Dani Olmo.

Olmo dengan sekali sentuhan memindahkan bola ke Ferran Torres di sisi kanan. Sodoran bola Torres bisa disambar Pablo Sarabia di tiang jauh. Spanyol unggul 2-0.

Ceko masih sulit lepas dari dominasi pasukan Luis Enrique hingga menit akhir laga. Sementara, Spanyol meski menguasai pertandingan gagal kembali mencetak gol. Skor tak berubah hingga laga tuntas.

Kemenangan 2-0 atas Ceko membuat Spanyol ke puncak klasemen dengan delapan angka. Mereka menggusur Portugal dengan keunggulan satu angka

Portugal sendiri di saat yang bersamaan tumbang 0-1 dari Swiss. Sementara, Ceko di posisi ketiga dengan empat poin di bawahnya ada Swiss sebagai juru kunci yang mengumpulkan tiga angka.

Susunan Pemain

Spanyol: Unai Simon; Dani Carvajal, Eric Garcia, Inigo Martinez, Marcos Alonso; Carlos Soler, Rodrigo, Koke; Marco Asensio, Alvaro Morata, Dani Olmo.

Republik Ceko: Ales Mandous; David Zima, Jakub Brabec, Vaclav Jemelka; Vladimir Coufal, Michal Sadilek, Tomas Soucek, Jaroslav Zeleny; Jakub Pesek, Vaclav Cerny; Jan Kuchta

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …