Raissa Amelia Yumna (Mahasiswa Kedokteran Hewan, SIKIA Universitas Airlangga). (Foto/Ist).

Dokter Hewan, Gak Penting ?

Banjarmasin, mediaprospek.com -Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, dokter hewan adalah orang yang memiliki profesi di bidang kedokteran hewan dan kewenangan medik veteriner dalam melaksanakan pelayanan kesehatan hewan.

Dokter hewan berperan dalam meningkatkan kesehatan hewan, kesejahteraan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.

Pengetahuan masyarakat mengenai profesi ini masih termasuk cukup rendah, sehingga profesi dokter hewan menjadi langka, padahal peran dokter hewan sangatlah penting, dan banyak sekali prospek kerja bagi lulusan kedokteran hewan.

Profesi dokter hewan belum cukup dihargai di kalangan masyarakat. Seringkali profesi ini dibandingkan dengan kedokteran manusia, padahal kedokteran hewan dan kedokteran manusia sama pentingnya.

Hal tersebut terjadi karena masih kurangnya pengetahuan dan minimnya informasi di kalangan masyarakat mengenai pentingnya jasa dokter hewan, karena kontribusi dokter hewan sendiri jarang terekspos jika dibandingkan dengan dokter manusia.

Masih banyak yang lebih memilih menjadi dokter manusia disbanding dokter hewan karena menganggap dokter manusia lebih keren dan berjasa.

Sesuai dengan motto kedokteran hewan “Manusya Mriga Satwa Sewaka” yang artinya menyejahterakan manusia melalui kesehatan hewan, kesehatan dan kesejahteraan manusia sangat tergantung dengan kesehatan hewan karena zoonosis bisa terjadi kapan saja bila kesehatan hewan tidak terjaga.

Zoonosis adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia begitupun sebaliknya, seperti contoh virus Covid-19 yang mewabah selama 2 tahun terakhir diduga berasal dari kelelawar. Zoonosis dapat menjadi masalah bagi kesehatan masyarakat karena adanya hubungan yang dekat antara hewan dan manusia, baik sebagai hewan peliharaan, kebutuhan sumber pangan, maupun sebagai penunjang kegiatan manusia, sehingga peran dokter hewan menjadi sangat penting.

Peran dokter hewan dibutuhkan dalam menjamin keamanan bahan pangan hewani yang dikonsumsi oleh manusia. Selain itu, profesi ini juga memegang peranan penting dalam One Health yang merupakan upaya kolaborasi dari beberapa disiplin ilmu di bidang kesehatan dan lingkungan dengan tujuan mencapai kesehatan global. Jika tidak ada dokter hewan, kesehatan hewan belum tentu terjamin dan bisa jadi dapat menularkannya ke manusia, sehingga membuat kesejahteraan manusia terganggu.

Maka dari itu, masyarakat perlu lebih dikenalkan lagi mengenai profesi dokter hewan dan perannya dalam kehidupan. Dokter hewan pun harus terus selalu melaksakan tugasnya dengan baik agar dapat dikenal baik dan menarik perhatian masyarakat. Sehingga membuat dokter hewan banyak diminati, dan kebutuhan akan dokter hewan terpenuhi.

Penulis : Raissa Amelia Yumna/
Mahasiswa Kedokteran Hewan, SIKIA Universitas Airlangga.

Loading

Check Also

Sepeda Listrik Marak Versus Motor Listrik yang Wajib Ber-STNK

Jakarta, Mediaprospek.com – Fenomena baru terjadi, sepeda listrik sekarang digemari masyarakat Indonesia yang keberadaannya mulai …