Gelandang Liverpool Fabinho (kiri) dan rekan setim James Milner (tengah) bersaing dengan gelandang Real Madrid Marco Asensio dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid di Anfield Liverpool pada 14 April 2021.(AFP/PAUL ELLIS)

Final Liga Champions: Real Madrid Memang Perkasa, Berikut 4 Fakta Lainnya Jelang Kontra Liverpool Dini Hari Nanti

Mediaprospek.com – Duel final Liga Champions 2021-2022 antara Liverpool dan Real digelar di Stade de France, Perancis, Minggu (29/5/2022) pukul 02.00 WIB.

Liverpool dan Real Madrid sama-sama tampil perkasa dalam perjalanannya ke final Liga Champions musim ini. Kedua raksasa Eropa itu mengawali kiprahnya dengan apik setelah keluar sebagai juara.

Kedua tim juga kembali tampil gemilang pada fase knockout atau gugur, Real Madrid memang menelan tiga kekalahan masing-masing di babak16 besar, perempat final, dan semifinal.

Namun, mereka tetap dapat menang agregat atas para tim favorit. Adapun Los Blancos menyingkirkan Paris Saint-Germain (agregat 3-2), Chelsea (5-4), dan terkini Manchester City di semifinal (6-5).

Sementara, Liverpool berhasil mengatasi Inter Milan (2-1), Benfica (6-4), dan Villarreal (5-2) di fase knockout.

Berikut 5 Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions Liverpool Vs Real Madrid

1. Rekor Pertemuan

Gareth Bale merayakan gol Real Madrid ke gawang Liverpool pada final Liga Champions di Kiev, 26 Mei 2018.
Gareth Bale merayakan gol Real Madrid ke gawang Liverpool pada final Liga Champions di Kiev, 26 Mei 2018. (AFP/LLUIS GENE)

Pertandingan Liverpool vs Real Madrid memiliki sejarah panjang di Piala/Liga Champions. Tercatat, kedua kesebelasan sudah berduel delapan kali di European Cup/Liga Champions.

Los Blancos sedikit lebih unggul dengan catatan empat kemenangan, berbanding tiga untuk The Reds. Adapun Satu laga lainnya berakhir imbang.

Duel tersebut juga pernah tersaji dua kali di partai puncak kompetisi elite benua biru. Liverpool menjadi kampiun Piala Champions 1981 usai menang tipis 1-0 atas Real Madrid di Parc des Princes, Paris, berkat gol bek kiri Alan Kennedy.

Namun, Real Madrid tak pernah lagi gagal di final Liga Champions dalam tujuh kesempatan setelah kekalahan tersebut.

Real Madrid kemudian ganti berjaya di final 2018. Saat itu, Los Blancos juara Liga Champions setelah mengalahkan Liverpool 3-1 di Stadion Olimpiade Kiev.

2. Sejarah Baru

Georgino Wijnaldum dan Daniel Carvajal berebut bola pada final Liga Champions 2018 di Kiev, 26 Mei 2018.
Georgino Wijnaldum dan Daniel Carvajal berebut bola pada final Liga Champions 2018 di Kiev, 26 Mei 2018. (AFP/LLUIS GENE)

Duel Liverpool vs Real Madrid kali ini menjadi yang ketiga di final Piala/Liga Champions. Ini adalah pertama kalinya dua klub sama bertemu tiga kali di partai puncak kompetisi elite benua biru.

3. Keperkasaan Real Madrid

Para pemain Real Madrid merayakan keberhasilan menjuara Liga Champions seusai mengalahkan Liverpool pada laga final di Kiev, 26 Mei 2018.
Para pemain Real Madrid merayakan keberhasilan menjuara Liga Champions seusai mengalahkan Liverpool pada laga final di Kiev, 26 Mei 2018. (AFP/PAUL ELLIS)

Real Madrid merupakan tim tersukses di Piala/Liga Champions dengan jumlah 13 trofi.

Tercatat, Los Blancos hanya gagal tiga kali menjadi juara setelah mencapai partai puncak. Kubu ibu kota Spanyol itu kian perkasa sejak format Liga Champions karena selalu keluar sebagai juara pada tujuh laga final yang dilalui.

4. Carlo Ancelotti di Ambang Rekor

Pelatih Real Madrid asal Italia, Carlo Ancelotti, memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam laga Liga Spanyol 2021-2022 kontra Espanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu 30 April 2022.
Pelatih Real Madrid asal Italia, Carlo Ancelotti, memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam laga Liga Spanyol 2021-2022 kontra Espanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu 30 April 2022.(GABRIEL BOUYS/AFP)

Carlo Ancelotti adalah pelatih pertama yang memimpin tim di lima final Liga Champions.

Jika berhasil membawa Real Madrid juara, Ancelotti akan menjadi juru taktik pertama yang memenangkan empat trofi Liga Champions.

Sebelumnya, pelatih asal Italia itu dua kali juara bersama AC Milan (2002-2003, 2006-2007) dan sekali dengan Real Madrid (2013-2014).

Ancelotti juga di ambang menjadi pelatih pertama yang memenangkan Liga Champions sebanyak dua kali bersama dua klub berbeda.

5. Wakil Inggris Vs Spanyol di Final UCL

Mohamed Salah (kiri) dan Karim Benzema (kanan) berebut bola dalam pertandingan Real Madrid vs Liverpool di leg pertama perempat final Liga Champions 2020-2021 di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB.
Mohamed Salah (kiri) dan Karim Benzema (kanan) berebut bola dalam pertandingan Real Madrid vs Liverpool di leg pertama perempat final Liga Champions 2020-2021 di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Pertandingan Liverpool vs Real Madrid merupakan pertemuan kelima antara klub Inggris dan Spanyol di final UCL.

Ini merupakan pertandingan antara wakil dua negara yang paling sering terjadi di final UCL, satu kali lebih banyak dari wakil Italia vs Spanyol.

Lebih luas lagi, sejak 2001, tim Spanyol telah bertemu tim non Spanyol sebanyak 16 kali di final antarklub Eropa. Hasilnya, tim Spanyol merengkuh semua kemenangan pada laga-laga tersebut.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …