Foto: iStock

Mau Tahu Makanan Enak, Namun Mampu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi? Ini Diantaranya..

Jakarta, Mediaprospek.com – Sebagaimana diketahui bahwa, tekanan darah tinggi bisa membahayakan kesehatan, namun ada 5 makanan enak yang cukup ampuh mengendalikan tekanan darah dengan syarat jika dikonsumsi secara rutin.

Hipertensi merupakan penyakit yang tercipta akibat tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. Kondisi ini jika tidak diatasi akan menimbulkan penyakit-penyakit yang lebih berbahaya.

Sayangnya, tekanan darah tinggi cukup sulit untuk dideteksi dan dianggap sebagai salah satu silent killer atau pembunuh yang tidak terlihat dengan jelas. Stress dan gaya hidup tidak sehat jadi penyebab utama tekanan darah tinggi.

Menurut data World Health Organization (WHO) tekanan darah tinggi telah membunuh hingga 1,13 juta orang di dunia. Tetapi tak perlu khawatir karena melalui konsumsi beberapa makanan tertentu dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Berikut ini 5 makanan enak yang dapat mengendalikan tekanan darah menurut Food NDTV (17/5):

1. Pisang

Pisang
Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik. Konsumsi 100 gram pisang bisa mengasup 358 miligram potasium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Pisang bisa dinikmati saat sarapan maupun dikonsumsi sebagai camilan. Pisang juga enak diolah menjadi beragam sajian.

Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi pisang secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothie. Sebisa mungkin hindari untuk menambahkan bahan lain agar manfaat sehatnya tetap efektif.

2. Jambu Biji

Manis renyahnya jambu biji jadi favorit banyak orang. Buah kaya nutrisi ini juga begitu direkomendasikan untuk beberapa kondisi kesehatan.

Mulai dari meningkatkan trombosit darah hingga memperkuat imunitas. Nutrisinya yang padat terbukti oleh para ahli dapat menurunkan tekanan darah tinggi hanya dengan mengonsumsi ekstrak buahnya.

Fakta lainnya, konsumsi jambu biji ampuh untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kandungan nutrisi vitamin C-nya bahkan digadang-gadang lebih tinggi dibandingkan jeruk.

3. Tomat

Diet tomat
Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tomat dapat memberikan dampak positif pada tekanan darah. Tomat juga diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam berbagai olahan.

Baik tomat yang diolah menjadi jus atau dimakan langsung saat mentah dinilai tetap memiliki khasiat yang sama. Selain vitamin A yang tinggi dan membuatnya berwarna merah, ternyata efek menurunkan tekanan darah pada tomat datang dari kandungan potasiumnya yang tinggi.

Kadar potasium yang ada di dalam tomat dibuktikan oleh ahli dapat melebarkan pembuluh darah dan membuka jalan aliran darah lebih lancar. Menambahkan irisan tomat pada menu makan juga menjadi cara cerdik untuk mengatasi darah tinggi.

4. Timun

Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAW
Bukan hanya mengatasi rasa pedas, konsumsi timun juga ampuh untuk membuat peredaran darah lebih lancar dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Tinggi akan kandungan air, timun tidak hanya bisa mengatasi dehidrasi dan menetralisir rasa pedas saja. Timun juga terbukti memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah.

Timun baik dikonsumsi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan nutrisinya yang dapat membantu menormalkan fungsi tubuh ternyata begitu kaya tetapi belum banyak diketahui.

Selain menurunkan tekanan darah, timun juga memiliki manfaat lain. Salah satunya berperan sebagai diuretic yang dapat mengendalikan keseimbangan cairan tubuh dan menjaganya tetap stabil.

5. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bawang putih dipercaya sebagai salah satu obat penurun tekanan darah yang begitu ampuh.

Kandungan allicin dalam bawang putih adalah kunci efektivitasnya. Banyak pasien dengan keluhan tekanan darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi bawang putih lebih rutin.

Sayangnya tidak semua bawang putih dikatakan memiliki khasiat terbaik. Hanya mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah dan bubuk yang dapat memberikan khasiatnya menjadi lebih manjur.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Hari Ini Puncak Haji dan Wukuf di Padang Arafah

Jakarta, Mediaprospek.com – Mulai hari ini, jemaah haji sedang bersiap memasuki puncak haji 2024 dengan …