Para pemain Real Madrid merayakan kemenangan hingga ke final Liga Champions. (Foto: Getty Images/Gonzalo Arroyo Moreno)

Liga Champions: Manchester City Gagal, Real Madrid ke Final Kontra Liverpool

Madrid, Mediaprospek.com – Akhirnya tercapai asa Mohamed Salah yang menginginkan Real Madrid ke final Liga Champions untuk bertemu timnya, Liverpool.

Pasalnya, pasukan Los Blancos melaju ke final setelah mengalahkan Manchester City 3-1 di leg kedua semifinal secara dramatis.

Madrid vs Man City kali ini berlangsung di Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB. Tim besutan Pep Guardiola datang dengan modal kemenangan 4-3 di leg pertama.

Setelah imbang tanpa gol di babak pertama, Man City mencuri keunggulan lebih dulu di paruh kedua lewat Riyad Mahrez. Hal itu membuat Man City memimpin agregat 5-3.

Di saat sudah sangat dekat dengan final, Man City kecolongan dua gol di penghujung laga. Madrid berbalik unggul 2-1 lewat brace Rodrygo yang membuat agregat menjadi 5-5 dan lanjut ke extra time.

Pada babak pertama tambahan waktu, Madrid memperbesar skor menjadi 3-1 lewat eksekusi penalti Karim Benzema dan agregat berubah menjadi 6-5. Di sisi lain, Man City gagal mencari gol balas dan harus gigit jari gagal ke final.

Madrid bertemu Liverpool di laga final. The Reds ke laga puncak setelah mendepak Villarreal dengan agregat 5-2.

Jalannya Pertandingan

Los Blancos langsung tampil menekan dan membuahkan peluang di menit ketiga. Karim Benzema sukses menanduk bola di tengah kotak penalti, tapi arahnya belum ke gawang.

Man City tak mau main menunggu meski punya keunggulan agregat. Klub asal Inggris itu tampil sangat agresif, yang membuat pemain Madrid beberapa kali melakukan pelanggaran untuk menghentikan serangan.

Karim Benzema kembali membuang kesempatan di menit ke-11. Bola tembakannya di dalam kotak penalti masih mengarah di atas gawang.

Peluang emas didapatkan Bernardo Silva pada menit ke-20. Dari jarak sangat dekat, dia melepaskan tembakan dan Thibaut Courtois mampu mengamankan gawang Madrid.

Giliran Vinícius Junior, yang mengancam Man City. Pemain asal Brasil itu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi masih belum mengarah ke gawang.

Perebutan bola terjadi di depan kotak penalti Madrid pada menit ke-23. Gabriel Jesus ada di sana dan melepaskan tembakan, namun arahnya masih di atas gawang.

Madrid mendapatkan tendangan bebas di menit ke-27. Toni Kroos maju sebagai eksekutor dan bola tembakannya sedikit melebar dari target.

Man City sangat dominan dalam penguasaan bola selepas laga berjalan setengah jam. Dengan sabar, Kevin De Bruyne dkk. membangun serangan dari belakang dan Madrid lebih pasif di tahap ini.

Phil Foden melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-39. Courtois dengan sigap mampu menepis bola dan membuat gawang tim tuan rumah aman.

Tak ada gol tercipta sepanjang babak pertama. Kedua tim harus puas bermain imbang 0-0 sampai turun minum.

Madrid langsung menekan di awal babak kedua. Sebuah umpan silang ke tiang jauh berhasil disambar Vinicius, tapi bola masih sedikit melebar dari target.

Man City gantian mengancam di menit ke-49. Bola tembakan Gabriel Jesus belum menghasilkan gol setelah mampu diantisipasi Courtois.

Madrid kembali mengancam di menit ke-51. Luka Modric melepaskan tembakan di tepi kotak penalti, namun bola bisa diblok oleh para pemain bertahan Man City.

Duel kedua tim berjalan sengit di lini tengah. Madrid dan Man City bahkan sampai tidak ada yang bisa melepaskan tembakan setelah percobaan dari Modric.

Man City memimpin 1-0 duluan di menit ke-73. Bernardo Silva dengan tenang menggiring bola mendekat ke kotak penalti dan alih-alih menembak malah mengober ke sisi kanan.

Riyad Mahrez ada di sana untuk kemudian menuntaskannya menjadi gol.

Madrid butuh mencari dua gol untuk mengimbangi agregat. Di sisi lain, Man City tidak mengendurkan tekanan meski sudah unggul agregat 5-3.

Jack Grealish mengacak-acak pertahanan Madrid di menit ke-87. Dia kemudian melepaskan tembakan, tapi bola masih bisa dihalau dengan kaki Courtois.

Madrid merajut asa di menit ke-90. Rodrygo mencetak gol untuk menyamakan skor menjadi 1-1 usai menyambar umpan tarik Benzema.

Los Blancos cuma butuh satu menit untuk mencetak gol kedua dan memimpin 2-1. Rodrygo kembali merobek gawang Man City, yang kali ini lewat sundulan untuk mengubah agregat 5-5 dan lanjut ke extra time 2×15 menit.

Man City bernasib sial saat babak pertama tambahan waktu baru berjalan tiga menit. Karim Benzema dilanggar Ruben Dias di kotak penalti dan striker asal Prancis itu maju sebagai eksekutor untuk membuat Madrid unggul 3-1.

Man City berusaha keras mencari gol balasan. Peluang emas tercipta di penghujung babak pertama tambahan waktu, namun Fernandinho gagal menjangkau bola dengan baik.

Tak ada gol balasan dari Man City sepanjang extra time. Hal itu membuat Madrid berhak ke final menantang Liverpool.

Susunan Pemain:

Real Madrid: Courtois, Carvajal, Militao, Nacho, Mendy, Casemiro, Kroos, Modrić, Valverde, Vini Jr, Benzema.

Manchester City: Ederson; Walker, Dias, Laporte, Cancelo; Rodri, De Bruyne, Silva; Mahrez, Foden, Jesus.

(mzr/dtc)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …