Ilustrasi baklava turki.(DOK.SHUTTERSTOCK/NADIR KEKLIK)

Lezatnya Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara, Lihat 9 Menu Khas Idul Fitri

Mediaprospek.com – Saat menyambut Idul Fitri, setiap negara punya makanan khas masing-masing. Mulai dari makanan bercita rasa manis, pedas, maupun gurih dan umat Islam di Indonesia punya kebiasaan jenis kudapan yang berbeda-beda untuk disajikan saat Idul Fitri.

Nah, setidaknya ada sembilan makanan khas Lebaran di seluruh dunia yang disajikan umat Islam berbagai negara, sebagaimana dikutip dari laman Food Network. Berikut rinciannya..

1. Baklava merupakan camilan manis asal Turki yang berisi campuran kacang, mentega, sirop, dan madu. Setiap lapisan baklava serupa dengan adonan pastry berlapis, sehingga teraaa renyah saat digigit.

Hidangan ini biasanya disantap dengan siraman madu dan ditemani secangkir limun segar atau teh hitam khas Turki.

2. Lokum ialah kudapan manis dari Turki yang kerap disajikan saat perayaan tertentu, salah satunya yaitu perayaan Idul Fitri. Sajian ini dibuat dari campuran tepung beras yang dimasak hingga membentuk jeli.

Lokum biasanya dicetak membentuk kubus-kubus kecil seperti marshmallow. Lokum memiliki tekstur yang lengket, serta terdapat taburan kacang di bagian luar untuk menambah kesan gurih dan manis secara bersamaan.

Meskipun nampak kecil seperti dodol di Indonesia, tetapi lokum memiliki tekstur yang kenyal dan padat. Jadi kamu bisa puas menikmati lokum hanya dari satu hingga dua potong saja.

3. Sekilas sajian ini nampak serupa dengan roti goreng yang kerap ditemui di pasaran, Bedanya, you xiang dianggap sebagai suatu hidangan spiritual bagi komunitas Muslim Hui di Cina.

Ilustrasi You Xiang, makanan khas Lebaran di China.
You Xiang, makanan khas Lebaran di China.(Aljazeera)

Misalnya, hidangan ini hanya boleh dibuat oleh para tetua keluarga dan harus melafalkan Tasmiyah sebelum dimasak. You xiang dimasak dengan cara digoreng dan biasanya disajikan dengan kuah saat perayaan hari besar Islam, salah satunya Idul Fitri.

4. Sheer khurma ialah puding krim dari daerah Asia Selatan yang wajib dihidangkan saat perayaan Idul Fitri. Hidangan ini dibuat dari sevayan, yaitu mi dengan tekstur halus serupa bihun.
Bedanya, sevayan terasa lebih tebal dibanding bihun. Sheer khurma juga kaya akan rempah rempah seperti kapulaga, kunyit, dan aroma bunga. Sajian ini lezat disantap dengan tambahan kacang-kacangan dan buah-buahan kering sebagai pelengkap.

5. L’Assida ialah sajian serupa bubur bercita rasa manis yang dihidangkan pada pagi hari saat lebaran di daerah Maroko. Sajian ini dibuat dari campuran mentega, madu, kacang-kacangan, dan aneka rempah.

Sekilas, hidangan ini nampak sama krim jagung, bedanya L’Assida memiliki tektur lebih halus.

6. Bolani ialah makanan ringan dari Afghanistan yang kerap disajikan saat perayaan Idul Fitri. Hidangan ini dibuat dari lembaran adonan tipis berisi sayuran, daun bawang, labu, dan kentang.

ilustrasi bolani.

Bolani (SHUTTERSTOCK/AS FOOD STUDIO)

Ada juga beberapa orang yang menambahkan daging pada isian bolani. Bolani dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak panas hingga teksurnya renyah dan berwarna kecoklatan. Sajian ini enak disantap dengan tambahan yoghurt segar sebagai saus cocolan.

7. Manti ialah sajian berupa pangsit berukuran kecil yang disajikan saat perayaan Idul Fitri di Turki dan Rusia. Terdapat beragam jenis topping yang digunakan sebagai pelengkap manti, seperti yoghurt atau krim asam, rempah-rempah aromatik, serta saus cocolan dengan cita rasa gurih.

Ilustrasi manti, pangsit berukuran kecil untuk sajian Lebaran.
Pangsit berukuran kecil untuk sajian Lebaran.(Dok. The Spruce Eats/Fotolia.com)

8. Aseeda dibuat dari adonan tepung terigu yang dimasak hingga membentuk tekstur yang lembut seperti bubur. Hidangan ini dikatakan berasal dari Spanyol, kemudian mulai menyebar ke Afrika dan Timur Tengah.

Sajian ini dihidangkan dengan siraman madu atau sirup kurma.

Aseeda, makanan khas di Arab Saudi, yang biasanya disajikan saat Lebaran atau Idul Fitri.
Makanan khas di Arab Saudi, yang biasanya disajikan saat Lebaran atau Idul Fitri.(Shutterstock)

9. Nah, ini dia salah satu makanan khas Muslim di negara kita. Sajian ini dibuat dari olahan daging sapi atau kerbau yang dimasak perlahan dengan campuran santan dan rempah-rempah aromatik. Tak hanya di Indonesia, rendang juga populer di kalangan masyarakat Melayu. Rendang turut disajikan saat perayaan Idul Fitri di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Yuk! Cek Tarif Listrik Terbaru dari PLN yang Mulai berlaku Awal Agustus 2024

Mediaprospek.com – Jelang akhir Juli 2024, kembali lagi Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya …