Es Kopi Alpukat dari Indonesia. (Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio)

Ini Seduhan Kopi Nikmat dengan 7 Varian Racikan Unik dari Berbagai Negara

Jakarta, Mediaprospek.com – Minum kopi seolah sudah menjadi gaya hidup yang sulit dilepaskan karena identik dengan minuman penambah energi di pagi hari hingga menjadi rutinitas bagi sebagian besar orang.

Kandungan kafeinnya banyak dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat di pagi hari.

Nah, ternyata tidak hanya kopi susu dan kopi hitam, ada banyak racikan kopi unik di dunia yang wajib dicoba.

Kopi tidak hanya bisa disajikan sebagai kopi hitam atau dengan campuran susu dan krim saja. Ada beberapa racikan kopi yang cukup kompleks dengan berbagai komponen tambahan tetapi hasilnya justru terasa unik dan menyegarkan.

Racikan kopi ini disesuaikan oleh masing-masing daerah tempat kopi tersebut disajikan. Kekayaan rempah hingga selera lokal menjadi salah satu faktor yang membuat racikan kopi unik ini bisa tercipta.

Berikut ini 7 racikan kopi unik yang ada di dunia menurut Lifestyle Asia:

1. Ca Phe Trung, Vietnam

7 Racikan Kopi Paling Unik di Dunia, Ada Es Kopi Alpukat dari Indonesia
Menggunakan kuning telur dan susu yang dikocok, racikan kopi ini ditemukan akibat krisis susu yang dialami barista Vietnam. (Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio)

Jenis kopi asal Vietnam ini sebenarnya paling banyak ditemukan di kawasan Asia Selatan. Resepnya menggabungkan kuning telur dan susu kental manis yang dikocok hingga berbusa.

Setelah itu espresso atau kopi hitam yang pekat baru dituangkan ke dalamnya. Hasilnya ciri khas rasa dari kopi ini cenderung gurih creamy dengan kopi yang kuat. Konon racikan kopi ini hadir di tahun 1946 di Hanoi saat para barista mengalami krisis susu.

2. Oliang, Thailand

Kopi tradisional khas Thailand ini dibuat menggunakan biji kopi arabika dan beberapa rempah yang diaduk menjadi satu. Rempah-rempah yang dicampurkan antara lain kapulaga, biji wijen, jagung, kedelai hingga beras. Kopi ini disajikan secara dingin dan biasanya banyak dipesan ketika cuaca sedang panas.

Walaupun terdengar cukup asing, racikan kopi ini ternyata disajikan hampir di seluruh kafe dan restoran otentik Thailand. Rasanya cenderung lebih smokey dengan cita rasa manis yang datang dari penggunaan rempah dengan tambahan susu kental manis. Selain di Thailand, kopi ini ternyata juga banyak disajikan di India.

3. Caife Gaelach, Irlandia

Berpuluh-puluh tahun silam, seorang chef bernama Joe Sheridan berusaha menyajikan minuman yang dapat membuat para pelanggan menjadi lebih bersemangat. Menggunakan berbagai komponen tambahan ke dalam segelas kopi hitam, Sheridan bereksperimen dengan gula aren hingga whiskey asli dari Irlandia.

Tidak disangka, kopi racikannya ini ternyata banyak dikagumi orang dan mulai populer sejak pertama kali disajikan di bandara Foynes Port, Eropa. Rasanya yang dingin menyegarkan hingga kini dikenal juga dengan sebutan Irish Coffee atau kopinya orang Irlandia.

4. Cortado, Spanyol

Minuman kopi di Spanyol ini terkenal karena keseimbangan antara rasa kopi dan susunya. Bernama ‘Cortado’ secangkir kopi ini menawarkan keseimbangan rasa dari espresso yang kuat dengan lembut creamy dari susu yang steam.

Kata ‘cortado’ sendiri datang dari bentuk bahasa Spanyol cortar yang artinya memotong. Istilah ini diambil dari proses memasukkan susu yang telah di-steam masuk ke dalam kopi yang seolah seperti memotong kopinya tetapi dengan perbandingannya rasa yang tetap seimbang.

5. Eiskaffee, Jerman

Saat musim panas, orang-orang di Jerman terbiasa menyantap kopi yang manis, dingin dan menyegarkan. Bernama Eiskaffee, racikan kopi yang satu ini juga cocok jika ingin disajikan sebagai hidangan penutup yang manis rasanya.

Segelas kopi akan dicampurkan dengan susu evaporasi, krim cokelat dan whipped cream dan rasanya mirip seperti kopi yang ditambahkan es krim. Racikan kopi ini juga terbiasa dinikmati ketika berekreasi bersama keluarga untuk menyegarkan tubuh di cuaca yang panas.

6. Mocha Cola, Brazil

7 Racikan Kopi Paling Unik di Dunia, Ada Es Kopi Alpukat dari Indonesia

Racikan espresso, saus cokelat dan soda menjadi minuman penyegar bagi masyarakat Brazil dikala hari sedang panas-panasnya. (Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio)

Cukup berbeda, di Brazil ada kopi yang dicampurkan dengan minuman bersoda. Dikenal dengan nama Mocha Cola, racikan kopi yang satu ini juga dianggap sebagai minuman yang paling menyegarkan dan tidak boleh lewat untuk disajikan saat musim panas tiba.

Komponen dari racikan kopi ini berupa kopi, susu cokelat dan minuman bersoda yang cukup menyengat. Beberapa orang biasanya juga menambahkan es krim atau whipped cream di atasnya untuk menghadirkan rasa manis yang legit.

7. Es Kopi Alpukat, Indonesia

Banyak ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia, tidak heran jika jumlah alpukat melimpah di tanah air. Ternyata ada sebuah racikan kopi yang unik dari Indonesia yang tidak terpikirkan bahkan dianggap sebagai racikan kopi aneh oleh banyak orang di dunia.

Penggabungan alpukat dengan kopi yang ternyata menghasilkan rasa creamy yang manis legit ini belum banyak diketahui di negara-negara lainnya. Biasanya es kopi alpukat juga bisa ditambahkan gula aren, es krim, sirup cokelat atau taburan bubuk cokelat yang nikmat.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Yuk! Cek Tarif Listrik Terbaru dari PLN yang Mulai berlaku Awal Agustus 2024

Mediaprospek.com – Jelang akhir Juli 2024, kembali lagi Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya …