Gelandang Manchester City Rodri merayakan gol ke gawang Watford dalam laga lanjutan Liga Inggris musim 2021-2022 di Stadion Etihad pada Sabtu (23/4/2022) malam WIB.(AFP/PAUL ELLIS)

Liga Inggris: Tipis Peluang Manchester United Ikuti Liga Champions, Everton Bakal Didegradasi

Mediaprospek.com – Di klasemen Liga Inggris 2021-2022 pekan ke-34, Manchester City dan Liverpool bersaing ketat dengan keberhasilan meraih poin penuh.

Man City meraih kemenangan 5-1 atas Watford, sementara Liverpool berjaya 2-0 dalam derbi Merseyside kontra Everton akhir pekan lalu.

Hasil ini tak mengubah posisi Man City dan Liverpool di klasemen Liga Inggris. The Citizens masih berkuasa di puncak dan kini telah mengumpulkan 80 poin.

Pasukan Pep Guardiola ditempel ketat oleh Liverpool di peringkat kedua dengan rihan 79 poin.

Kedua kandidat kuat juara Liga Inggris itu sama-sama telah memainkan 33 pertandingan.

Dengan selisih satu poin, Man City dan Liverpool pun berpotensi besar bersaing sampai laga terakhir untuk memperebutkan gelar juara Liga Inggris musim ini.

Persaingan di empat besar juga masih berjalan panas dengan melibatkan Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Manchester United.

Arsenal dalam situasi lebih baik dengan meraih 60 poin di posisi keempat klasemen Liga Inggris atau zona Liga Champions terdekat.

The Gunners ditempel ketat oleh Tottenham Hotspur di peringkat kelima dengan torehan 58 poin.

Baik Arsenal maupun Tottenham Hotpur telah menjalani 33 pertandingan.

Sementara, Man United berada pada posisi tak menguntungkan dalam persaingan menuju empat besar. Setan Merah duduk di peringkat keenam dengan raihan 54 poin.

Selain tertinggal poin dari Arsenal dan Spurs, Man United juga telah memainkan satu pertandingan lebih banyak (34 laga) dari kedua rival tersebut.

Alhasil, kans Cristiano Ronaldo dkk untuk tampil di Liga Champions musim depan semakin tipis.
Kekalahan beruntun dari Liverpool (0-4) dan Arsenal (1-3) membuat asa Man United ke Liga Champions musim depan hampir pupus.

Pelatih interim Man United, Ralf Rangnick, bahkan mengatakan bahwa kesempatan Setan Merah finis di empat besar sudah hilang.

“Bagi saya, bahkan sebelum pertandingan (vs Arsenal), itu tidak terlalu mungkin,” kata Rangnick soal kans Man United finis di empat besar dikutip dari BBC. “Akan tetapi, setelah hasil ini, kesempatan itu hilang,” tutur Rangnick.

Sementara itu, Everton yang notabene belum pernah terdegradasi dari Premier League semakin terancam anjlok ke Championship, kasta kedua Liga Inggris.

Kekalahan dari Liverpool membuat Everton sekarang ada di zona degradasi, tepatnya di peringkat ke-18 dengan perolehan 29 poin.

Klasemen Liga Inggris

No Klub D M S K -/+ P

1. Man City 33 25 5 3 59 80
2. Liverpool 33 24 7 2 63 79
3. Chelsea 32 19 8 5 40 65
4. Arsenal 33 19 3 11 12 60
5. Tottenham 33 18 4 11 18 58

Keterangan: No: Peringkat D: Dimainkan M: Menang S: Seri K: Kalah -/+: Selisih Gol P: Poin *Update terakhir Selasa (26/04/2022) pukul 03:56 WIB

(mzr/kcm)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …