Aubameyang merayakan golnya bersama Busquets. (Getty Images/Juan Manuel Serrano Arce)

Liga Spanyol: Tekuk Real Sociedad, Posisi Barcelona Tetap di Bawah Real Madrid

San Sebastian, Mediaprospek.com – Barcelona yang dijamu Real Sociedad di Reale Seguros Stadium, Jumat (22/4/2022) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Spanyol musim ini berhasil menaklukkan tuan rumah dengan kemenangan tipis 1-0.

Namun, tambahan tiga poin membuat skuad asuhan Xavi Hernandez aman di posisi runner-up klasemen sementara di bawah sang pemuncak LaLiga, Real Madrid.

Gol tunggal kemenangan Barcelona dicetak lewat sundulan Pierre-Emerick Aubameyang di menit ke-11. Tuan rumah mencoba membalas, namun tak sekalipun membuahkan hasil.

Hasil ini menjaga posisi Barcelona tetap di peringkat dua dengan 63 poin dari 32 laga. Sementara Sociedad ada di peringkat keenam dengan 55 poin dari 33 laga.

Jalannya pertandingan

Pada menit ke-11, Barcelona membuka keunggulan saat Gavi melepaskan umpan lambung kepada Ferran Torres yang berada di kotak penalti.

Eks striker Manchester City itu meneruskannya dengan tendangan lob ke tiang jauh di sisi kiri.

Aubameyang berada di sana, dan menuntaskannya dengan sundulan yang menjebol gawang tuan rumah. Barcelona pun unggul sementara memimpin 1-0.

Kemudian, Barcelona berusaha menambah gol lagi. Namun tembakan Torres di menit ke-17 melambung, begitu juga dengan sundulan Frenkie de Jong semenit kemudian.

De Jong kembali memperoleh kesempatan di menit ke-28, kali ini lewat tembakan jarak jauh. Namun arah sepakan gelandang Belanda tersebut kembali tak mengenai sasaran.

Tuan rumah berusaha memberi perlawanan. Igor Zubeldia menembak dari jarak jauh di menit ke-33, namun bola yang mengarah ke sudut kiri bawah berhasil diamankan kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Dua menit kemudian, giliran sundulan Alexander Soerloth yang diselamatkan oleh kiper asal Jerman itu. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Sociedad tampil lebih menekan. Mereka lebih berani mendesak Barcelona sejak wilayah pertahanan lawan.

Soerloth mendapat kans bagus di menit ke-58, namun tembakan kerasnya dari jarak dekat membentur kaki Ter Stegen. Adapun sepakan Adnan Januzaj di menit ke-60 diblok oleh Gerard Pique.

Upaya tuan rumah tak selesai di situ. Joseba Zaldua melepaskan percobaan jarak jauh di menit ke-80, tetapi Ter Stegen kembali sigap menjaga gawangnya.

Sementara itu, Barcelona banyak bertahan, sesekali menyerang balik. Namun tak ada tembakan ke gawang yang dilepaskan, membuat kiper Alex Remiro tak banyak bekerja keras.

Sociedad berusaha menekan, namun pada akhirnya Barcelona berhasil mengunci kemenangan 1-0.

Susunan pemain

Real Sociedad: Remiro, Zaldua (Gorosabel 81′), Zubeldia, Le Normand, Rico, Zubimendi (Guevara 90+2′), Merino, Rafinha (Guridi 81′), Januzaj (Martin 87′), Isak (Portu 87′), Soerloth.

Barcelona: Ter Stegen, Alba, Pique (Lenglet 82′), Araujo (Garcia 55′), Alves (Dest 66′), Frenkie, Busquets, Gavi, Torres, Aubameyang (Luuk 82′), Dembele.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …